Pasific Pos.com
Headline

Ketum KONI Pusat Resmikan CdM Meeting I PON XXI wilayah Sumut

Chef de Mission (CdM) Meeting I Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 wilayah Sumatera Utara resmi dibuka Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Medan – Chef de Mission (CdM) Meeting I Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 wilayah Sumatera Utara resmi dibuka Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Pembukaan yang dihadiri hampir 38 KONI Provinsi itu digelar di Hotel Santika Dyandra Medan pada Senin malam 18 Desember 2023. Ketum KONI Pusat optimistis dengan kesiapan Sumut.

“Sumatera Utara sangat siap menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024, terima kasih kepada Ketua Panitia Besar (PB.) PON XXI wilayah Sumut dan jajarannya,” sebut Ketum KONI Pusat.

“Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut ditentukan pada bulan September Tahun 2024. Rangkaian menuju PON itu sudah ditindaklanjuti baik di tingkat pusat, dengan beberapa rapat antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), KONI Pusat dengan kedua Panitia Besar PON XXI (wilayah Aceh dan Sumut),” sambungnya mengapresiasi dukungan pemerintah.

“Dalam waktu dekat akan ada laporan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Bapak Presiden Republik Indonesia tentang kesiapan dari provinsi Aceh & Sumatera Utara,” tambah Marciano.

PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 diharapkan akan sukses lahirkan atlet-atlet berprestasi yang mana mampu pecahkan rekor nasional dan bahkan internasional sehingga membuktikan kualitas baik dari PON.

“Itu salah satu tolak ukur penyelenggaraan PON,” sebut Ketum KONI Pusat. “Semoga niat baik kita mengantar Patriot Olahraga Indonesia meraih prestasi, selalu dimudahkan,” lanjutnya.

Ketua PB.PON XXI wilayah Sumut yang juga Pj.Gubernur Sumut, Mayjen TNI Purn Hassanudin menyampaikan pihaknya targetkan lima indikator kesuksesan. “Kami ada lima sukses,” katanya.

Kelima kesuksesan PON XXI di wilayah Sumut antara lain, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses perekonomian rakyat, sukses administrasi dan sukses pemanfaatan fasilitas pasca event. Diharapkan usai PON XXI, seluruh venue dapat dimanfaatkan untuk pembinaan atlet sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Tak lupa disampaikan juga rasa terima kasih atas kepercayaannya kepada Sumut. “Tentunya kami, Sumatera Utara terutama pemerintah dan masyarakat, sangat berterima kasih atas penunjukkan Sumut sebagai tuan rumah PON XXI 2024,” ujar Hassanudin.

“Menjadi tuan rumah bersama adalah perdana untuk kami dan kita semuanya,” tandasnya. Nantinya Sumut akan menggelar 34 cabang olahraga dengan 528 nomor pertandingan yang melibatkan 5.913 atlet dan 2958 ofisial di 8 kabupaten/kota, antara lain;

Kota Binjai
Kota Medan
Kab. Langkat
Kab. Deli Serdang
Kab. Serdang Bedagai
Kota Pematang Siantar
Kab. Toba
Kab. Simalungun
Kab. Karo