Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Keluar Sebagai Juara Umum, Ridwan Kamil Beberkan Rahasia Kemenangan Kontingen Jabar di PON Papua

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (foto Tiara).

Jayapura – Kontingen Jawa Barat (Jabar) berhasil menduduki juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dengan meraih 133 Medali Emas, 105 Perak, dan 118 Medali Perunggu.

Keluar sebagai juara umum dan berhasil mempertahankan gelar juara di ivent empat tahunan ini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku senang dan bangga

Bahkan, Ridwan Kamil pun mengaku puas karena kemenangan yang dicapai ini bukan saja hanya di Jawa Barat, tapi berhasil menang di provinsi lain.

Atas kesuksesan itu, orang nomor satu di Jawa Barat ini memberikan apresiasi kepada Komite Nasional Indonesia (KONI) Provinsi, maupun KONI Kota/Kabupaten Jabar, serta ketua-ketua pengurus cabang, atas prestasi yang sudah diraih pada event PON XX Papua ini.

Bahkan, pada kesempatan itu, Ridwan Kamil atau sapaan akrabnya RK juga membeberkan resep dan kesuksesan Kontingen Jabar dalam mempertahankan juara ini.

“Apa resep Jawa Barat?. Ya, resepnya itu hanya satu, yaitu pembinaan atlet dan konsisten. Jadi hanya itu resepnya,” ungkap Ridwan Kamil dalam keterangan persnya kepada sejumlah Wartawan di salah satu Restoran di Kawasan Abepura, Kota Jayapura, Jumat siang, 15 Oktober 2021.

Selain itu, RK juga menjelaskan, jika pembinaan atlet dan konsisten yang dilakukan oleh pihaknya, yakni dengan mencari bibit-bibit atau bakat-bakat olahragawan melalui even-even olahraga, yang sering dilakukan di Jabar.

“Seperti Kejurda, kemudian even olahraga antar pelajar, pesantren dan masih banyak even olahraga lainnya lagi. Kita juga ada sekokahnya, seperti PPLP itu. Nah, dari situ kita langsung rekrut mereka untuk dibina menjadi atlet-atlet yang berprestasi,” jelas RK.

Pada kesempatan ini, RK juga menyebut, jika saat ini Jawa Barat tengah bereksperimen dengan konsep sport science.

Dijelaskan, jika konsep ini dapat mengkombinasikan ilmu pengetahuan kebutuhan fisik dengan prestasi olahraga.

“Jadi, sudah empat tahun terakhir ini, kami bereksperimen dengan konsep ini. Makanya kami Jawa Barat bisa meraih prestasi dan bisa mempertahankan juara. Sehingga bisa mendapat medali terbanyak pada even empat tahunan ini,” bebernya.

Namun sebagai tamu di Papua, Ridwan Kamil pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Papua sebagai tuan rumah PON XX.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat Papua yang sudah menyambut kami dengan ramah dan menjamu kami dengan baik selama berada di Papua ini. Kita jadi saksi bahwa Papua itu indah, aman, nyaman dan orang-orangnya sangat baik dan ramah. Kami akan jadi juru bicara saat pulang nanti, kami akan katakan bahwa Papua hebat. Jadi kita punya slogan, “Jabar sahabat Papua”, tandas Ridwan Kamil.

Namun, Ridwan Kamil menambahkan, Jawa Barat tetap optimis untuk mempertahankan juara hingga di PON XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara (Sulut) pada 2024 mendatang.

“Kami Jabar, akan selalu optimis untuk tetap mempertahankan gelar juara umum di PON XXI tahun 2024 di Aceh dan Sumut,” pungkasnya. (Tiara).