Pasific Pos.com
Headline

Jokowi Pilih Ridwan Rumasukun Jadi Pj Gubernur Papua

Plh Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun, bersalaman dengan kepala OPD usai apel gabungan.

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Sekda Papua, Ridwan Rumasukun menjadi penjabat Gubernur pengganti Gubernur Lukas Enembe yang purnatugas per 5 September 2023.

Ridwan Rumasukun yang sehari-hari menjalankan roda pemerintahan provinsi Papua sebagai Plh Gubernur akan dilantik bersama 9 Pj Gubernur lainnya di Kantor Kemendagri, Selasa, 5 September 2023.

“Besok pagi sekitar jam 8 di Kemendagri akan dilakukan pelantikan terhadap para Penjabat Gubernur. Di antaranya Sekjen Kemenkumham, Andap BR yang telah ditetapkan sebagai Pj Gubernur Sultra,” ujar Koordinator Humas Setjen Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman kepada wartawan, Senin (4/9/2023).

Sementara itu, Kepala Biro Umum Dan Protokol Setda Provinsi Papua Elpius Hugi, mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi mengangkat Dr. Ridwan Rumasukun, menjadi Penjabat Gubernur Papua.

MenurutNYA, Ridwan merupakan figur ASN Yang Tepat Sebab Karir Dan levelnya Memenuhi Prosedur Dan Selevel Dirjen.

“Kepimpinan Plh.Gubernur Ridwan Rumasukun Dinilai selama ini berhasil mengisi kekosongan jabatan Gubernur Papua yang ditinggalkan Bapak Lukas Enembe yang mengalami masalah hukum. Sebagai Plh Gubernur Provinsi Papua, Dr. Ridwan berhasil mengkonsolidasi dan mengamankan Papua dari berbagai gejolak,” Ujar Elpius

.

Perjalanan Ridwan Rumasukun, katanya, sudah terbukti melakukan Berbagai konsolidasi Ditingkat birokrasi dan menjalankan roda pemerintahan Provinsi Papua pasca Bapak Lukas Enembe ditahan KPK, sehingga Kami akui dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas ditunjuknya Ridwan Rumasukun sebagai Pj Gubernur Papua.

Penunjukan Pj Gubernur ini setelah dilakukan rapat Tim Penilai Akhir (TPA). Mendagri Tito Karnavian akan melantiknya kepala daerah itu.

Berikut ini nama 10 Pj Gubernur yang diputuskan Jokowi:

1. Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
2. Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana
3. Pj Gubernur Sumatera Utara Hassanudin
4. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya
5. Pj Gubernur Papua Ridwan Rumasukun
6. Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake
7. Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi
8. Pj Gubernur Kalimantan Barat Harrison Azroi
9. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi
10. Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin