Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Olahraga

Ini yang Akan Dilakukan Bupati Jayapura Setelah Dilantik Jadi Ketua KONI

Mathius Awoitauw menerima Pataka dari Ketua KONI Papua Kenius Kogoya usai dirinya dilantik sebagai Ketua KONI Kabupaten Jayapura dan pengurusnya, Jumat, (23/9/2022).

SENTANI – Resmi dilantik sebagai Ketua KONI Kabupaten Jayapura, Papua periode 2022-2026 Mathius Awoitauw fokus lakukan pembinaan terhadap atlet-atlet muda yang sudah terjaring dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II Kabupaten Jayapura.

Hal itu dikatakan dirinya sebagai bentuk komitmen sebagai Ketua KONI Kabupaten Jayapura yang baru untuk menyiapkan atlet potensial prestasi dari Bumi Khenambay Umbay dikancah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua 2022 nanti, Nasional maupun Internasional.

“Kita bersyukur hari ini (kemarin) sudah ada KONI baru, kepengurusan yang baru dan fokusnya hanya untuk atlet-atlet muda yang sudah direkrut melalui pekan olahraga kabupaten yang lalu. Untuk itu, kita berharap cabang-cabang olahraga (Cabor) ini sudah mulai mempersiapkan program-programnya dan kami akan rapat untuk menggelar program pembinaan untuk menatap empat tahun kedepan,” kata Bupati Jayapura ini ketika ditanya wartawan media online ini usai acara pelantikan pengurus KONI Kabupaten Jayapura, Jumat (23/9/2022).

Penyusunan program kerja yang harus terlebih dahulu dilakukan di kepengurusan KONI Kabupaten Jayapura periode 2022-2026 ini agar bisa melakukan program pembinaan yang terarah kepada atlet-atlet muda potensial berprestasi.

“Susun program dulu lah, nantilah kalau bicara soal uang. Kasih uang berdasarkan apa, makanya dong harus susun baik-baik. Kedepan ini, supaya kalau saya sudah tidak jadi bupati lagi kan KONI tetap jalan terus,” cetusnya.

Kedepan cabor apa saja yang harus diperbaiki untuk menunjang prestasi olahraga di Kabupaten Jayapura, kata Bupati Jayapura dua periode ini, tetap cabang olahraga (cabor) dayung dan sepak bola yang masih menjadi prioritas dan diutamakan, serta cabor-cabor lainnya.

“Kita ada dayung, kemudian sepak bola tetap menjadi prioritas kita. Tapi, saya tidak tau yang tadi dianjurkan oleh KONI Pusat atau pak Presiden itu cabor-cabor apa saja. Tetapi, tetap itu kita akan utamakan, juga cabor-cabor yang lain,” tukasnya.

Menurutnya, selaku Ketua Askab PSSI Kabupaten Jayapura, itu juga termasuk salah satu cabor dan dirinya sebagai ketua cabor.

“Kami punya SSB (Sekolah Sepak Bola) sudah bagus, karena memang kita fokus untuk SSB-SSB itu. Apalagi pelatih-pelatih SSB ini sudah (miliki) serifikat AFC yakni, ada yang C, ada beberapa yang D dan juga B. Oleh karena itu, kita berharap mereka (pelatih) yang akan menjadi andalan dengan apa yang telah kita persiapkan untuk cabang olahraga sepak bola kedepan,” tutur pria yang juga Ketua Askab PSSI Kabupaten Jayapura yang baru dilantik belum lama ini.

“Sekarang ini, kami di Askab sedang mempersiapkan akademi sepak bola Sentani. Karena itu, mungkin dalam waktu satu dua hari ini badan hukumnya sudah keluar, home base nya di Stadion Barnabas Youwe, karena stadion itu dikelola oleh Askab yang mempunyai akademi sepak bola, sehingga stadion itu punya akademi sepak bola ini. Apalagi pembinaan terhadap usia dini di sepak bola ini sedang berlangsung, juga sudah bertahun-tahun kita bina dan mereka yang di usia dini semuanya bagus-bagus,” pungkasnya.

Tak lupa ia juga berterima kasih karena Ketua KONI Papua sudah meluangkan waktu melantik dirinya sebagai Ketua KONI Kabupaten Jayapura dan para pengurusnya.

Artikel Terkait

 Resmi Dibentuk, Tim Formatur Percepat Struktur Kepengurusan KONI Kabupaten Jayapura

Jems

Mathius Awoitauw: Kita Akan Jaring Atlet Potensial

Jems

KONI Kabupaten Jayapura Gelar RAT Menuju Suksesnya PON XX

Jems