Pasific Pos.com
Info Papua

Hadir di Intermediate Training HMI, Sekum HIPMI Papua Paparkan Peran Perempuan dalam Masyarakat

Thercia Eka Kambuaya selaku Sekum HIPMI Papua dan Wakil Ketua DPD 1 Partai Golkar Papua serta Kepala BSNPG Papua menyampaikan materi. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Majelis Penyelamat Organisasi (MPO) Cabang Jayapura melaksanakan Intermediate Training (LK II) sejak tanggal 13 hingga 20 Juli 2023 di Kota Jayapura.

Kegiatan tersebut menghadirikan pemateri Thercia Eka Kambuaya selaku Sekretaris Umum Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Papua dan Wakil Ketua DPD 1 Partai Golkar Papua serta Kepala Badan Saksi Nasional Partai Golkar (BSNPG) Provinsi Papua.

Eka membawakan materi mengenai Hak dan Peranan Perempuan Dalam Masyarakat kepada para peserta yang dilaksanakan di Wisma Soccer Jayapura, Selasa (18/7/2023).

Dalam pemaparannya, Eka menyampaikan, Perempuan memiliki sifat-sifat umum yaitu keindahan, kelembutan, serta rendah hati, dan memelihara. Dari sifat-sifat umum tersebutlah yang membuat perempuan memiliki sisi yang menarik untuk dibahas.

“Sebagai pendorong utama gerakan perempuan dalam menjalankan perannya di tengah masyarakat, sebagai contoh dalam perjuangan Indonesia mencapai kemerdekaan beberapa tokoh perempuan diantaranya Tjut Nyak Dien, Tjut Mutia, atau Kristina Martha Tiahahu,” jelas Eka.

Dia pun menjelaskan peran perempuan dan haknya dalam masyarakat. Eka mengatakan, peran egalitarian perempuan yang disematkan pada Kartini pahlawan perempuan Indonesia dalam melakukan negosiasi politik feminitas dalam salah satu cara perjuangannya.

“Kemudian afirmatif. Di Indonesia, kepedulian terhadap eksistensi perempuan adalah dengan adanya
instruksi Presiden RI Nomor 9 tahun 2000 tentang “Pengarusutamaan Gender dalam
Pembangunan Nasional”,” jelasnya.

Menurutnya, sasaran strategi pengarusutamaan gender (PUG) adalah upaya untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender, melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki -laki ke dalam seluruh kebijakan di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Secara internasional, kata Eka, penguatan peran perempuan dalam dunia dapat dilihat pada tuntutan internasional yang terdapat dalam Sustainable Development Goals (SDGs) yang harus dipenuhi pada 2015-203.

“Yang disepakati oleh lebih dari 190 negara berisikan 17 goals dan 169 sasaran pembangunan dimana salah satu diantaranya adalah Mencapai kesetaraan gender serta Memberdayakan seluruh wanita dan perempuan,” ungkap Eka.

“Hal tersebut lantaran masih belum terlihat mencerahkan, untuk kegiatan pemberdayaan perempuan misalnya, masih banyak perempuan yang belum tersentuh kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup,” sambungnya.

Sementara itu, peserta pada kegiatan tersebut yani HMI MPO Cabang Jayapura, HMI MPO Cabang Sorong Raya dan HMI MPO Cabang Fak-Fak.

Andi Syifaurrizal selaku Ketua Umum HMI Cabang Jayapura yang juga mahasiswa aktif Universitas Yapis Papua semester II Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik menyambut baik dengan kehadiran pemateri yang memberikan pandangan kepada peserta mengenai hak dan peranan perempuan, dan dari sini para peserta bisa melaksanakannya praktek setelah pulang ke tempat masing-masing. (Sari)