Pasific Pos.com
Headline Kriminal

Gubernur Papua Mengutuk Keras Tindakan KKB Di Beoga

Sambut PON XX 2021
Gubernur Papua Lukas Enembe.

Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur Papua mengutuk keras atas beberapa kejadian penembakan di distrik Beoga kabupaten Puncak Papua.

Sekretaris daerah Papua Dance Yulian Flassy, SE, M.Si menegaskan bahwa kejadian / tindakan ini di luar prikemanusian serta berharap tindakan ini tidak terulang lagi, apalagi terhadap Perwira Tinggi TNI yang sedang melaksanakan tugas di Papua.

Hal ini disampaikan Sekda Papua pada rapat khusus bersama beberapa Kepala SKPD di lingkungan pemerintah provinsi Papua dengan KODAM XVII Cendrawasih dan Kepolisian Daerah Papua Senin, (26/04/2021).

Lebih lanjut Sekda mengatakan. Pemerintah Provinsi Papua akan memberikan penghargaan / apresiasi khusus kepada Almarhum Mayjen TNI Gusti Putu Dani Nugraha Karya atas pengabdiannya di Papua.

“Sebagai salah satu bentuk penghormatan yang diberikan, Gubernur Papua secara khusus
memerintahkan Sekda Papua dan beberapa kepala SKPD untuk menghadiri pemakaaman almarhum di TMP Kalibata, Jakarta Selasa besok,” ujarnya.

Melihat perkembangan keamanan saat ini Pemerintah Provinsi Papua akan lebih meningkatkan lagi koordinasi antar lembaga untuk memastikan deteksi dini atas berbagai persoalan di Papua melalui pertemuan berkala antar lembaga pusat di daerah (KODAM, POLDA, BINDA, POLHUKAM serta K/L lainnya) dan Pemerintah Daerah (Provinsi / Kabupaten / Kota).

Pemerintah Provinsi Papua juga akan lebih mengefektifkan komponen-komponen yang ada di dalam Pemerintahan maupun dimasyarakat untuk bersama sama mencegah tidakan-tindakan yang dianggap merugikan banyak orang.

Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah setempat bersama TNI/POLRI dan unsur terkait lainnya akan berupaya memberikan rasa aman/nyaman bagi masyarakat setempat dan menghimbau untuk tidak terprovokasi serta memakasimalkan operasi-operasi sosial dan membantu / mendorong kegiatan teriorial yang dilakukan oleh TNI/POLRI lebih masif lagi.

Selain hal-hal tersebut di atas yang disepakati pada rapat koordinasi, Flassy juga menegaskan agar masyarakat di Papua tetap tenang melakukan kegiatan sebagaimana biasanya tidak terpancing isue dan tetap berharap hanya pada Tuhan untuk mewujudkan Papua, bangkit mandiri dan sejahtera yang berkeadilan.