Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Gerai Bang Pace Lebarkan Sayap Ke Bandara Sentani

Foto bersama di Gerai Bang Pace Bandara Sentani usai peresmian

Jayapura – Gerai Bang Pace kini mulai melebarkan sayapnya. Setelah pembukaan gerai pertama medio November 2022 maka di awal tahun 2023 Bang Pace membuka gerai kedua di kawasan Bandara Internasional Sentani, kabupaten Jayapura. Gerai kedua ini diresmikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Minggu (08/01/2023).

Gerai Bang Pace adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, sebagai dukungan nyata TNI dalam upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Papua.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menjelaskan bahwa Bang Pace merupakan sebuah usaha kuliner yang dikelola oleh Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 172.

“Usaha ini menjajakan berbagai kuliner produk UMKM dari mama-mama Papua yang telah membangun usaha secara mandiri setelah mendapat bimbingan teknis dari program gebyar Mama Papua Mampu Korem 172/PWY,” tuturnya.

Di kesempatan tersebut, Danrem menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga gerai Bang Pace Bisa diresmikan di bandara.

“Kami berharap usaha kuliner ini bisa diterima dan dikuasai oleh masyarakat luas, salah satunya dengan pemilihan pembukaan gerai pertama di Bandara Internasional Sentani ini. Hal ini didukung oleh pihak Angkasa Pura sebagai bentuk dukungan mereka dalam peningkatan UMKM. Saat ini kami juga berkolaborasi dengan Cafe Guten Morgen,” harap Danrem.

Bang Pace hadir sebagai salah satu pilihan bagi pengunjung atau pengguna jasa Bandara Sentani untuk dijadikan oleh-oleh kuliner khas Papua.

“Bandara merupakan salah satu lokasi strategis yang cukup menjanjikan dalam mengembangkan usaha ini agar dapat dikenal secara luas oleh pasar Nasional maupun Internasional. Harapannya, setelah mereka membeli produk ini, ketika ke sini akan membeli lagi, atau bisa membeli lewat online,” tuturnya.

Gerai Bang Pace menyediakan beragam jenis oleh-oleh kuliner khas Papua dengan produk unggulan Abon Gulung, Kue Bolen, Kopi Bubuk An Meke, Keripik Tempe, Manisan Kelapa, Keripik Talas Ungu, Selai Kelapa, Nugget ikan, Kerupuk Sagu dan Kacang Sembunyi.

Sementara itu salah satu Mama Papua Mampu, Engelina Felle mengaku terkejut, karena mereka baru saja selesai mengikuti pelatihan bimtek yang digelar Korem. Namun saat ini mereka sudah dibukakan lapangan usaha untuk membuat kue yang akan dijajakan di gerai Bang Pace.

“Kami sangat bersyukur, sekarang sudah diberikan tempat untuk menjual hasil usaha kami. Untuk itu, terima kasih kepada Danrem dan jajaran yang sudah membantu kami mama Papua dalam mengembangkan usaha rumahan kami,” ucap Engelina yang memiliki usaha roti dan manisan kelapa.