Pasific Pos.com
Headline Nasional

EcoNusa dan BBC Media Action Gelar Pelatihan Mojo bagi Jurnalis dan Komunitas

Manajer Komunikasi Strategis Yayasan EcoNusa, Nina Nuraisyah saat membuka kegiatan pelatihan Mojo di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Bogor – Teknologi menjadi kunci perubahan banyak hal, termasuk bagi jurnalisme. Cabang jurnalisme yang hadir karena pengaruh teknologi, khususnya smartphone adalah mobile journalism atau sering disingkat dengan nama Mojo. Mojo merupakan kegiatan mencari berita yang biasanya dilakukan dalam bentuk video dengan menggunakan kamera smartphone.

Yayasan Ekosistem Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa) dan BBC Media Action melihat Mojo dapat dilakukan untuk mendokumentasikan isu lingkungan terutama perubahan iklim di berbagai wilayah di Indonesia.

“Karena itu, Yayasan EcoNusa bekerjasama dengan BBC Media Action melakukan Pelatihan Mojo bagi jurnalis dan komunitas lokal dari berbagai wilayah di Indonesia,” kata Manajer Komunikasi Strategis Yayasan EcoNusa, Nina Nuraisyah usai membuka pelatihan.

Nina mengatakan, para jurnalis dan komunitas lokal merupakan garis terdepan yang melihat dan mendokumentasikan kejadian terkait dengan perubahan iklim di daerah masing – masing.

“Kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab perlu mengontrol atau memastikan bahwa perkembangan teknologi yang sangat cepat tidak berdampak pada merosotnya mental bangsa hanya karena sesuatu yang viral yang tidak didasari dengan pengetahuan yang cukup,” ucap Nina.

Setelah pelatihan, pihaknya masih melakukan pendampingan bagi peserta yang berasal dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Pelatihan ini juga diikuti oleh kalangan akademisi selain jurnalis dan komunitas lokal.

Pelatihan Mojo menyajikan materi cara mencari berita dalam bentuk video menggunakan smartphone yang dijelaskan secara vritual oleh Alex Baxter, Head of Production BBC Media Action Indonesia, dipandu Pravita Kusumaningtyas dan Hafiz Pratama perwakilan BBC Media Action.

Untuk diketahui, Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. (zul)