Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Dorong Kesetaraan Akses Keuangan, OJK Papua Edukasi Disabilitas

Foto bersama disela edukasi keuangan OJK. (Foto : redaksipotret.co)

Jayapura – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua menggelar edukasi keuangan bersama komunitas disabilitas di Kota Jayapura, Rabu (21/2/2024).

Analis pengawas perilaku usaha jasa keuangan dan layanan manajemen strategis OJK Papua Muhammad Akbar mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan literasi keuangan dan memperluas akses keuangan masyarakat termasuk kepada para penyandang disabilitas.

Sebelumnya, OJK Papua telah melaksanakan kegiatan serupa, namun di lingkungan sekolah disabilitas.

“Hari ini kami edukasi keuangan untuk masyarakat disabilitas, ini diharapkan memberikan pemahaman dan mempermudah layanan disabilitas itu sendiri,” jelasnya kepada wartawan.

Akbar menyampaikan, pada 2021-2025 salah satu sasaran strategis OJK kepada penyandang disabilitas.

“Kami mau ada kesetaraan antara pelayanan dan juga pemanfaatan keuangan kepada masyarakat terutama kepada difabel, untuk meningkatkan inklusi keuangan harus ada kesetaraan,” ucapnya.

Dalam memberikan edukasi kepada ratusan Disabilitas tersebut, OJK menghadirkan narasumber dari PT Pegadaian Syariah, pimpinan Bank Papua, dan Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan.

“Mereka juga berhak untuk tahu, harus dibekali dengan literasi keuangan yang memadai. Kami akan bantu dan dorong terus agar tidak ada lagi perbedaan antara kita jadi semua setara,” kata Akbar.