Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Headline

Danrem 172/PWY : Babinsa Akan Mendampingi UMKM Mama-Mama Papua

Danrem 72 PWY Brigjen TNI J.O Sembiring saat sambutan sebelum menutup kegiatan Bimbingan Teknis Mama Mama Papua sebagai rangkaian program Gebyar Mama Papua Mampu

Jayapura – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring secara resmi menutup kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada mama-mama Papua sebagai rangkaian program Gebyar Mama Papua Mampu yang telah digelar selama tiga hari dari tanggal 6 sampai dengan 8 September 2022, berlangsung di Lapangan Makorem 172/PWY, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Sebelum ditutup secara resmi, pada hari ketiga ini para peserta menerima berbagai pembekalan dari pihak perbankan seperti BI, Bank Papua dan Bank BRI yang memberikan pengetahuan dalam proses pengajuan modal usaha. Juga pembekalan dari Disperindag Papua terkait bagaimana mengemas produk sebelum dipasarkan agar menarik para pembeli.

Danrem dalam sambutannya menyampaikan, meski kegiatan Bimtek Gebyar mama Papua mampu telah selesai, diharapkan bekal yang telah didapatkan tidak putus sampai di sini saja, namun mama-mama Papua dapat terus berusaha bekerja untuk maju.

“Para Babinsa nantinya akan mengawal terus mama-mama serta membagi kelompok usaha. Minggu depan para Babinsa akan apel dan melaporkan data perkembangan terkait kelompok usaha dari mama-mama Papua,” kata Danrem di Aula Makorem 172/PWY saat menutup kegiatan tersebut, Kamis (8/9).

Setelah mendapatkan data, pihaknya menuturkan akan kembali melakukan koordinasi ke Bank maupun mitra lainnya untuk membantu mama-mama dalam membuka usaha yang lebih maju lagi.

“Semua ini butuh kerja keras, saya yakin prajurit saya rela dan bekerja keras untuk membantu mama-mama Papua dalam menjalankan usahanya sampai sukses. Hal ini dilakukan sebagai wujud mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat Papua,” tuturnya.

Danrem berpesan kepada mama-mama Papua agar ilmu yang telah didapatkan dapat diimplementasikan sehingga meningkatkan perekonomian keluarga. “Yang pasti ilmu sudah dapat, namun jangan hanya tersimpan di kepala tetapi tidak ada pelaksanaannya, teruslah bekerja dan menggunakan ilmu yang telah diberikan. Kami percaya bahwa mama-mama ini mampu dan akan berusaha untuk mandiri,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua, Juli Budi Winantya dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada pihak Korem 172/PWY yang telah menjalin mitra dengan BI dalam mendorong mama-mama Papua untuk sukses ke depan.

“Ini juga merupakan salah satu tugas kami untuk mensejahterakan masyarakat Papua dengan mendorong seluruh sektor untuk berjalan bersama dalam pemulihan ekonomi di Papua. Untuk itu, kami dari BI akan terus mendukung perkembangan UMKM dari mama-mama sekalian,” terangnya.