Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

CMSE, Menuju Ekonomi Indonesia yang Kuat dan Berkelanjutan

Pelaksanaan CMSE secara daring. (Foto : Istimewa)

Jayapura – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), serta didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kembali menyelenggarakan Capital Market Summit & Expo (CMSE) pada tahun 2022.

Acara ini diselenggarakan secara virtual melalui website cmse.id yang dimulai pada Kamis (13/10) sampai dengan Sabtu (15/10). Penyelenggaraan CMSE 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan pasar modal dalam menuju ekonomi Indonesia yang kuat dan berkelanjutan.

Kepala Kantor BEI Perwakilan Papua, Kresna Payokwa mengatakan, acara tersebut berbentuk seminar dan expo yang dikemas secara virtual sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas.

Bertemakan “Pasar Modal untuk Semua Menuju Ekonomi Kuat Berkelanjutan”, CMSE 2022 setiap harinya akan diisi dengan tiga sesi seminar dan talk show (summit) yang mengundang beberapa narasumber pasar modal.

Tidak hanya itu, CMSE 2022 diramaikan dengan pameran (expo) pasar modal Indonesia sebagai sarana untuk menampilkan berbagai layanan, produk dan peran dari seluruh pelaku industri pasar modal
kepada publik.

Untuk pelaksanaan CMSE tahun ini jumlah partisipannya lebih banyak yaitu sejumlah 132 booth, melampaui penyelenggaraan CMSE 2021 sebanyak 105 booth. Klaster expo terbesar adalah dari klaster perusahaan efek dan manajer investasi, masing-masing sebanyak 30 dan 32 booth.

CMSE 2022 menghadirkan pula klaster karir, khusus untuk pengunjung yang ingin berkarir di pasar modalIndonesia. Hal ini sesuai dengan target pengunjung CMSE 2022, yaitu Gen Z dan Milenial. Klaster ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mencari informasi ataupun melamar pekerjaan yang tersedia di industri pasar modal Indonesia.

Terdapat pula seminar-seminar lainnya dengan tema “ESG Investing”, “Strengthening Indonesia EconomicResiliency in Facing Global Dynamics”, dan “Indeks Saham Berbasis ESG Syariah sebagai Solusi Kebutuhan Investor di Pasar Modal” pada CMSE 2022. Tidak hanya itu saja, masih ada seminar analisis pasar modal “Ragam Rekor Baru Pasar Modal Sepanjang 2022 dan Optimisme 2023” serta seminar- seminar dengan tema menarik lainnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, selain melalui website cmse.id, pengunjung juga dapat mengikuti CMSE 2022 melalui aplikasi di ponselnya masing-masing.

Menurut Payokwa, digitalisasi CMSE 2022 ini dilakukan demi memfasilitasi minat calon investor muda terhadap produk pasar modal Indonesia. Masyarakat umum maupun para investor pasar modal di Papua yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat. (Red)