Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Cek Progres TMMD, Pangdam Cenderawasih lakukan Kunjungan ke Kampung Suskun

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Erni Teguh Muji Angkasa, tengah melakukan foto bersama Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Richard Arnold Y Sangari, Kapolres Keerom dan AKBP Christian Aer usai mengecek pembangunan balai adat di Kampung Suskun, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Kamis (18/8/2022).

Keerom – Dalam rangka mengecek progres kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa melakukan kunjungan ke Kampung Suskun, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Kamis (18/8/2022).

Saat tiba di lokasi TMMD, Pangdam Cenderawasih didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVII/Cenderawasih Ny. Erni Teguh Muji Angkasa, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Richard Arnold Y Sangari, Kapolres Keerom, AKBP Christian Aer, Bupati Kabupaten Keerom Piter Gusbager dan beberapa Pejabat utama Kodam XVII/Cenderawasih.

Pangdam mengatakan, kunjungannya ke Kampung Suskun untuk melihat secara langsung progress kegiatan TMMD.

“Saya datang ke sini tujuannya untuk melihat secara langsung kegiatan TNI manunggal membangun desa yang memang selama ini, program ini sudah berjalan dan saat ini sasarannya di Kabupaten Keerom,” kata Pangdam usai mengecek pembangunan balai adat Kampung Suskun.

Tentunya semua yang TNI lakukan ini, kata Pangdam, untuk kepentingan masyarakat sehingga masyarakat nantinya, bisa melakukan aktivitas kegiatan dengan tempat yang lebih layak dan pantas.

Lebih lanjut Pangdam menyebut, selain pembangunan balai adat, juga ada pembangunan rumah Pastor dan pelebaran gereja.

“ Nantinya biar masyarakat yang melakukan kegiatan ibadah,  bisa lebih banyak orangnya ditampung di situ. Pastur pun di situ juga, kita bikin rumah sehingga Pastor enggak terlalu jauh beraktifitas dalam kegiatan untuk menuntun jemaatnya untuk melakukan ibadah,” jelas Pangdam.

Pangdam berharap, masyarakat bisa memanfaatkan tempat yang sudah dibangun oleh pihaknya. Sebab ujung dari semua pembangunan ini adalah, untuk kepentingan masyarakat. Supaya masyarakat juga bisa beraktivitas di tempat yang memang lebih layak, lebih pantas.

Ketika ditanya terkait evaluasi kegiatan TMMD, kata Pangdam, sebenarnya secara prinsip untuk evaluasi TMMD tidak ada. Hanya mungkin untuk alokasi anggarannya kalau bisa, lebih diperbesar lagi sehingga manfaat untuk masyarakat juga akan lebih besar lagi.

“Dan hal ini juga, sudah saya sampaikan tadi ke pak bupati. Jadi itu saja, kalau evaluasinya terutama kolaborasi pekerjaan itu semua enggak ada masalah,” pungkas Pangdam.

Sementara itu, Ondoafi Wombes Anto Number menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Panglima Kodam dan kehadiran bupati, serta pembangunan yang sementara dikerjakan Kampung Suskun.

“Dengan adanya kunjungan bapak Pangdam, bapak bupati dan pembangunan di kampung adat ini, kami sangat bersyukur sekali. Kami merasa diperhatikan oleh pemerintah,” ujar Ondoafi.

Ia menilai berkat kerjasama Pemerintah dan TNI, pembangunan di Kabupaten Keerom sudah sangat bagus dan masyarakat benar-benar merasakan hasilnya.

“ Jadi tidak ada kurangnya, karena kita bersyukur ada pembangunan yang nyata di depan mata kita. Tapi kalau hanya laporan kemudian tidak ada pembangunan, pasti masyarakat kecewa,”tandas Ondoafi.

Diketahui, selain mengecek progress kegiatan TMMD, Pangdam Cenderawasih juga menyerahkan 200 paket sembako dan Alkitab untuk masyarakat kampung Suskun.

 

 

 

 

Artikel Terkait

Brigjen Sembiring Tutup TMMD ke-114 di Kabupaten Keerom

Jems

Wabup Wahfir Kosasih Buka TMMD Ke- 114

Jems