Pasific Pos.com
Headline Papua Barat

BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Pemkab Sorong

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan dr. Lily Kresnowati, M.Kes menyerahkan paiagm penghargaan kepada Pemkab Sorong yang diterima Wakil Bupati Sorong, Suka Harjono, di Kabupaten Sorong. (Foto : Istimewa)

Sorong – Pemerintah Kabupaten Sorong membuktikan komitmennya dalam memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Program JKN-KIS tahun 2021, dengan telah terdaftarnya lebih dari 98 persen penduduk Kabupaten Sorong ke dalam Program JKN-KIS.

Atas capaian tersebut, Pemkab Sorong dianugerahi Piagam Penghargaan UHC Non Cutt Off dari BPJS Kesehatan pada kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Program JKN-KIS UHC non cut off di Gedung Pendopo Kediaman Bupati Kabupaten Sorong, Rabu (23/2/2022).

Wakil Bupati Sorong Suka Harjono menyambut baik kegiatan penyerahan Piagam UHC Non Cut Off. Menurutnya, ini merupakan hasil dari sinergi yang baik dengan BPJS Kesehatan sehingga dapat tercapainya UHC di wilayah Kabupaten Sorong.

“Sebuah daerah perlu melindungi warganya melalui jaminan kesehatan, harapan kami rakyat cerdas, sehat dan sejahtera. Dengan adanya Program JKN-KIS ini, menjadi suatu capaian yang sangat penting untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong terutama yang membutuhkan dan mendapatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan yang baik,” ungkap Harjono.

Harjono juga menyampaikan, adanya penghargaan dari pihak BPJS Kesehatan ini memberikan motivasi untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong dan jajarannya agar semakin maksimal lagi dalam pelaksanaan Program JKN-KIS.

Dengan keunggulan predikat UHC Non Cut Off dimana dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dengan kepesertaan penduduk yang didaftarkan oleh pemerintah daerah dapat langsung aktif tanpa menunggu bulan berikutnya.

“Pemerintah daerah akan selalu berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sorong,” ucapnya.

Ditambahkan, dengan adanya UHC Non Cut Off ini akan semakin banyak masyarakat Kabupaten Sorong khususnya, dapat mudah dan mempercepat akses pelayanan kesehatan,” tutur Harjono saat menerima penghargaan.

Per Desember 2021, sebanyak 127.023 penduduk Kabupaten Sorong telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan dr. Lily Kresnowati, M.Kes didampingi Plh. Asisten Deputi Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Papua dan Papua Barat, Mitra Akbar dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu secara langsung menyerahkan Piagam Penghargaan yang diterima oleh Wakil Bupati Sorong Suka Harjono.

“BPJS Kesehatan berupaya mengoptimalkan peran dan dukungan Pemerintah Daerah dengan mendaftarkan penduduknya menjadi Peserta JKN-KIS yang diharapkan juga dapat mendorong peningkatan cakupan kepesertaan penduduk Indonesia untuk mencapai UHC,” kata Lily dalam siaran pers, Kamis (24/2/2022).

“Oleh karena itu, BPJS Kesehatan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong karena telah mencapai UHC. Diharapkan Pemerintah Kabupaten Sorong dapat mempertahankan capain yang telah diraih agar pelaksaan Program JKN-KIS di wilayah Kabupaten Sorong semakin optimal lagi,” sambungnya.

Lily menambahkan, dengan telah tercapainya UHC Non Cutt Off Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong ini, dapat menjadi awal yang baik untuk BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong dalam berupaya lebih maksimal dalam pelaksaan Program JKN-KIS. Serta dapat memberikan pelayanan kesehatan lebih baik. (Red)