Pasific Pos.com
Papua Selatan

Jaringan Komunikasi Sudah Merambah Kampung Lokal

Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko (foto:iis)

MERAUKE,-  Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko mengemukakan bahwa 179 kampung yang ada, hampir secara keseluruhan sudah tersedia jaringan komunikasi. Saat ini pihaknya masih menyelesaikan bantuan yang digulirkan sejak tahun 2021 sebanyak 75 titik.

Namun karena masih menghadapi masalah teknis dan juga faktor alam di lapangan sehingga proses pendistribusian menjadi terkendala. Terkait dengan topologi jaringan secara khusus di Kabupaten Merauke, dimana ada anggapan bahwa jaringan di kampung-kampung lebih bagus daripada di kota maka ia menegaskan bahwa sistem jaringan telekomunikasi yang menyediakan 4G dan BTS ada dua.

Adapun yang terkonek dengan Telkomsel yang ada di Kota Merauke menggunakan viber optik. Untuk di kampung-kampung sinyalnya lebih bagus karena langsung menggunakan V-Sat, tidak menggunakan viber optik.

“Untuk kampung lokal mereka mendapatkan bantuan kementerian secara langsung, daerah blank spot dan sistem jaringannya menggunakan langsung satelit. Sedangkan sistem kelistrikannya menggunakan solar sel,”jelasnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel Jumat lalu.**