Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Sihar Lumban Tobing Jabat Ketua KMB Kabupaten Jayapura Setelah Terpilih Secara Aklamasi

Ketua terpilih Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura, Sihar Lumban Tobing, S.H.

SENTANI- Sihar Lumban Tobing, S.H., terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura periode 2021-2026 pada Musyawarah Besar (Mubes) II atau Rapot Bolon II Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura, Hotel Grand Papua Sentani, Jalan Sosial Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (21/11/2021).

Sihar Tobing menjadi calon tunggal Ketua KMB Kabupaten Jayapura setelah satu (1) kandidat mengundurkan diri dalam pemilihan ketua.

“Jadi pada tahapan pemilihan ketua tadi, itu dilalui dengan tahapan penjaringan. Di tahapan penjaringan itu ada empat calon dan kebetulan saya memperoleh suara tertinggi (terbanyak) dengan memperoleh 23 suara dari 28 suara. Kemudian di urutan kedua memperoleh 2 suara dan urutan ketiga dan keempat masing-masing memperoleh 1 suara,” ujar Sihar L. Tobing yang juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura tersebut usai Mubes KMB di Hotel Grand Papua Sentani, Minggu (21/11/2021).

“Karena memperoleh suara terbanyak dan setelah di rangking calon nomor urut kedua menyatakan mundur. Jadi secara otomatis tinggal saya calon ketua tunggal dan ketika saya calon ketua tunggal, maka semua peserta Mubes sepakat memilih saya dan secar aklamasi saya terpilih sebagai ketua. Itulah situasi dalam Mubes tadi,” beber Sihar menambahkan.

Setelah terpilih, Sihar Lumban Tobing sudah sah sebagai Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) untuk masa bhakti 2021-2026.

Sihar mengatakan Musyawarah Besar atau Mubes ini memang sesuai aturan atau AD/ART yang berlaku. Menurutnya Ini adalah hajatan yang sifatnya periodik, kebetulan kepengurusan yang sebelumnya sudah berakhir beberapa bulan lalu.

“Tetapi karena ada situasi pandemi Covid-19 ini, sehingga pemilihan ketua kali ini baru dilaksanakan di Mubes II Kerukunan Masyarakat Batak Kabupaten Jayapura,” ungkapnya.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura ini mengaku, segera melakukan penyusunan komposisi kepengurusan KMB Kabupaten Jayapura, melakukan pembenahan administrasi organisasi dan berkoordinasi dengan Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura.

“Saya akan membenahi dari segi administrasinya, kemudian saya akan berkoordinasi dengan Kesbangpol dan kedepannya saya juga akan menata struktur kepengurusan KMB Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Sihar Tobing menyampaikan, akan bersinergi dengan pemerintah dan berkoordinasi dengan Ormas daerah lain.

“Kami akan bersinergi dengan Pemkab Jayapura dan tetap berkoordinasi dengan Ormas kedaerahan di Bumi Khenambay Umbay ini. Jadi, kami dari Kerukunan Masyarakat Batak di daerah ini ingin berkontribusi buat pemerintah daerah dengan cara dan talenta kami masing-masing,”

“ Kami akan coba berkontribusi secara maksimal, karena kami berprinsip bahwa Kabupaten Jayapura sebagai tempat tinggal kami dan kami anggap Kabupaten Jayapura ini sebagai rumah kami,” paparnya.

“Jadi, kami akan coba lakukan kegiatan-kegiatan dengan mengembangkan budaya dan seni. Tentunya, tidak terlepas dengan melakukan kolaborasi nantinya dengan kearifan lokal yang ada di daerah ini. Pada prinsipnya, kami akan tetap mensupport dan mendukung semua program pemerintah kedepan,” lanjutnya.

Ia menegaskan sesuai arahan Ketum, akan segera melakukan pendataan terhadap masyarakat Batak yang ada di Kabupaten Jayapura mulai dari tingkat distrik dan kelurahan/desa, serta pelaksanaan program kerja KMB Kabupaten Jayapura sesuai dengan AD/ART.

“Saya tetap akan menjalankan mandat yang sudah ditetapkan lewat Mubes tadi yakni, bagaimana nantinya melaksanakan program-program kerja kedepan, yang semua nanti berpatokan pada AD/ART,”

“ Saya juga akan semaksimal mungkin mendata semua orang Batak yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura, sehingga kami bisa mendapat database jumlah orang Batak yang sebenarnya. Karena sampai saat ini, kami belum memiliki data yang akurat mengenai jumlah orang Batak di daerah ini,” tegasnya.

“Harapan saya, semua masyarakat saya orang Batak untuk sama-sama bahu membahu melaksanakan semua program kerja, baik yang sudah disepakati dan akan dibahas kedepan,” harap Sihar menambahkan.

Untuk itu, Sihar Tobing menyampaikan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang mendukungnya sehingga terpilih secara aklamasi pada Mubes kali ini.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada perwakilan masyarakat Batak dari tiga rayon yakni, KBBS, keluarga besar Batak rayon Yahim Furia dan keluarga besar Batak rayon Doyo, yang telah memberikan amanah ini kepada saya menduduki jabatan sebagai ketua KMB Kabupaten Jayapura periode 2021-2026, serta saya ucapkan selamat kepada panitia yang telah mensukseskan kegiatan Mubes, sehingga berjalan aman dan lancar,” ucap Legislator Partai Golkar ini diakhir wawancaranya.

Diketahui, pelaksanaan Mubes II KMB Kabupaten Jayapura dilaksanakan selama sehari itu dihadiri Ketua Umum KMB Provinsi Papua Ronald Sugendi Panjaitan, S.H., yang sekaligus membuka Mubes II ini, juga turut dihadiri Ketua Panitia Pelaksana Mubes II Ganda Ginting, S.Sos. Serta, 28 orang dari perwakilan masyarakat Batak di tiga rayon dan 8 orang sebagai tamu undangan.

Artikel Terkait

Sihar Tobing Sematkan Ulos Batak Kepada Bupati Mathius dan Sekda Hikoyabi

Jems

Sihar Tobing, Resmi Dilantik Sebagai Ketua KMB Kabupaten Jayapura

Jems

Pengurus KMB Kabupaten Jayapura Dilantik Hari ini

Jems