Pasific Pos.com
Ekonomi & BisnisHeadline

6.360 Orang Kunjungi Festival Cenderawasih

Pengunjung Festival Cenderawasih. (Foto : Zulkifli)

Jayapura – Melalui berbagai insiatif baru yang diusung di Festival Cenderawasih, Bank Indonesia mencatat jumlah pengunjung yang hadir dalam pelaksanaan event tersebut sebanyak 6.360 orang.

Tercatat capaian total omset transaksi pada penyelenggaraan Festival Cenderawasih sebesar Rp646.279.500. Berdasarkan capaian ini, Bank Indonesia menilai kualitas dan performa UMKM unggulan di Papua siap untuk bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Sebagai Informasi, beberapa UMKM kriya serta makanan dan minuman telah berhasil lolos untuk mengikuti Karya Kreatif Indonesia di Jakarta.

Kemudian melalui penerapan zona QRIS pada seluruh penjualan UMKM di Festival Cenderawasih, capaian frekuensi transaksi menggunakan QRIS terealisasi sebanyak 3260 transaksi dengan nominal sebesar Rp586 juta atau 90,73 persen dari total capaian transaksi.

“Hal ini merupakan bukti kesuksesan penyelenggaraan kegiatan melalui sinergi dan kolaborasi Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua, UMKM, perbankan, serta seluruh instansi dan stakeholders terkait,” ujar Faturachman selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua.

Staf Ahli Gubernur Papua, Gerson Jitmau menyampaikan bahwa Festival Cenderawasih sebagai bukti bahwa Papua kaya potensi untuk dijadikan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Papua memiliki potensi pariwisata, budaya, ekonomi kreatif hingga sumber daya alam,” ucap Gerson mewakil Penjabat Gubernur Papua pada penutupan Festival Cenderawasih.

Dia pun menekankan pentingnya digitalisasi di beberapa sektor utama di Provinsi Papua.

Festival Cenderawasih yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Papua telah berakhir setelah digelar selama tiga hari (17-19 Mei 2024) di eks Terminal PTC Entrop, Kota Jayapura, Papua.

Event ini bertujuan mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan di Papua. Festival Cenderawasih melibatkan 37 UMKM termasuk binaan perbankan serta instansi pemerintah.

Festival Cenderawasih menyelaraskan berbagai kegiatan flagship Bank Indonesia seperti Road to FESyar Kawasan Timur Indonesia, Pre-Event FEKDI, CBP Rupiah dan Pre-Event Road to KKI menjadi sebuah kolaborasi yang harmoni dalam rangka mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru Papua.

Sebagai upaya strategis mendorong pertumbuhan Papua yang inklusif dan berkelanjutan melalui penguatan SDM, kemitraan secara global yang menghasilkan nilai, dan bisnis pariwisata yang berkelanjutan, maka Festival Cenderawasih diisi dengan kegiatan edukasi, showcasing dan kesamaan bisnis (bussines marching), pariwisata, budaya, kompetisi dan festival musik