Pasific Pos.com
Headline

Tim Pansus Aset DPR Papua Turun Lapangan ke Anjungan Papua di TMII

Jakarta – Tim Pansus Aset Dewan Perwakikan Rakyat Papua di pimpin langsung ketua Pansus Aset Ir. H. Junaedy Rahim turun lapangan ke Anjungan Papua di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Selasa, 14 November 2023.

Kedatangan Tim Pansus Angket ini diterima langsung oleh Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Papua Alexander Kapisa yang didampingi jajarannya.

Kunjungan Tim Pansus Aset DPRP ke Anjungan Papua adalah tindak lanjut dari Rapat Koordinasi sehari sebelumnya yang dinaksudkan untuk melihat langsung kondisi dari aset Pemerintah Papua yang ada di Anjungan Papua di TMII seperti Museum Kariwari beserta benda budaya yang ada di dalamnya, gedung pertemuan, wisma matoa, cafetaria dan spot-spot lainnya yang ada di anjungan papua.

Alexander Kapisa dalam keterangannya menyampaikan bahwa sejak Anjungan Papua direvitalisasi tingkat kunjungan meningkat tajam. “Tingkat kunjunga ke Anjungan Papua saat ini mencapai 500 oramg pada hari biasa dan meningkat menjadi 700 sampai 800 orang pengunjungan pada hari libur. Anjungan Papua saat ini menjadi salah satu Anjungan favoritĀ  di TMII ini”. ungkap Alexander Kapisa.

Dengan tingkat kunjungan yang tinggi ini sebenarnya sangatlah berpotensi untuk menjadi obyek pendapatan daerah. “Sampai pertengahan bulan Nopber ini kami telah menyetorkan ke Kas Daerah kurang lebih Rp163 juta sebagai setoran retribusi yang kami tarik di sini dari hasil penyewaan sarana dan prasarana yang ada di sini seperti ruang pertemuan, pangging seni dan wisma matoa,” ujarnya.

Lanjutnya, sementara target PAD yang dibebankan kepada Badan Penghubung Daerah Papua di Jakarta tahun 2023 sebesar Rp 30 Juta. “PAD kita terjad peningkatan yang signifikan yang melampaui dari target yang telah ditetapkan,” kata Alexander Kapisa.

Sementara itu, Ketua Tim Aset DPR Papua Junaedy Rahim menyampaikan terimakasih atas kinerja yang ditunjukkan oleh Kepala Badan Pemghubung Daerah Papua beserta seluruh jajarannya. “Kami sangat berterimakasih atas kinerja yang ditunjukkan dengan pengelolaan aset yang ada dan dapat menyeorkan PAD melampaui apa yang ditargetkan. Ini suatu prestasi ditengah kondisi aset Pemprov yang telah kami kunjungi dimana hanya aniungan papua ini yang tidak melaporkan masalah tapi melaporkan hasil pengelolaan yang sangat baik yang ditunjukkan dengan setoran ke Kas Daerah jauh melampaui target yang telah ditetapkan” ujar Junaedy Rahim.