Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu di 3 Kabupaten Wilayah 1 Papua Diperpanjang, Ini Jadwalnya

Tim Seleksi Anggota Bawaslu Provinsi Papua saat memberikan keterangan pers terkait perpanjangan pendaftaran untuk 3 kabupaten. (Foto : Sari)

Jayapura – Tim Seleksi Calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk wilayah 1 Papua memperpanjang waktu pendaftaran calon anggota Bawaslu untuk tiga kabupaten.

Tiga kabupaten tersebut yakni Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya. Sementara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura yang masuk dalam wilayah 1 Papua telah memenuhi kuota berdasarkan pedoman Bawaslu RI.

Sekretaris Timsel Calon Anggota Bawaslu wilayah 1 Papua, Kristina Sawen mengatakan, perpanjangan masa pendaftaran untuk ketiga kabupaten tersebut lantaran kuota belum terpenuhi .

“Kuota 8 kali kebutuhan jumlah atau 24 orang dan keterwakilan 30 persen pendaftar perempuan belum terpenuhi, sehingga pendaftaran diperpanjang berdasarkan pedoman Bawaslu RI,” kata Kristina didampingi Ketua Tim Seleksi Jackson Yumame didampingi Kelana Vhisnu Nugroho, Senin (12/6/2023).

Kristina pun menyebut, tahapan perpanjangan pendaftaran untuk ketiga kabupaten tersebut dimulai pada 13 hingga 21 Juni 2023 di Sekretariat Timsel Bawaslu Wilayah 1 Papua di Sekretariat Timsel Bawaslu di BPMP Papua Kotaraja, Kota Jayapura.

“Untuk persyaratan, tidak ada perubahan, tetap mengacu pada pedoman Bawaslu RI,” kata Kristina di Sekretariat Timsel Anggota Bawaslu di BPMP Papua, Kota Jayapura.

Terkait animo masyarakat untuk mendaftar di tiga kabupaten tersebut, Kristina mengungkapkan, hal itu menjadi kewenangan pemerintah daerah setempat sejauh mana memberikan pendidikan politik kepada masyarakatnya.

Kristina mengatakan, pendaftaran dibuka secara transparan sehingga siapapun boleh mendaftar, namun yang terpenting memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

“Tidak ada keberpihakan pada siapapun. Bahkan pendaftaran dibuka dan dapat diakses oleh semua orang karena Timsel bekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan Bawaslu RI,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa jika sampai batas waktu perpanjangan pendaftaran, namun kuota belum juga terpenuhi sesuai pedoman, maka Timsel akan melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Seleksi Jackson Yumame mengatakan, pendaftaran telah dibuka pada 29 Mei – 7 Juni 2023.

Jackson meminta partisipan untuk memantau pada website penerimaan calon anggota Bawaslu melalui laman https://tinyurl.com/PENGUMUMANBWSKAB-PA.

Berikut Jadwal tahapan seleksi :

Jadwal seleksi calon anggota Bawaslu wilayah 1 Papua. (Foto : Tangkapan layar)

(Sari)