Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Yunus Wonda : Hasil Pertemuan Terbatas, PON Papua Tidak Jadi Ditunda

Papua juga bisa
Ketua Panitia PB PON Papua, DR. Yunus Wonda, SH MH.

Jayapura – Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB- PON) ke-XX Papua, DR. Yunus Wonda, SH MH menegaskan, bahwa pelaksanaan PON Papua tidak jadi ditunda seperti permintaan gubernur Papua kepada pemerintah pusat.

Wakil Ketua I DPR Papua ini bahkan mengungkapkan jika kepastian tidak adanya penundaan PON disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan terbatas dengan Gubenur Papua, Lukas Enembe, pada Senin (15/03).

“Presiden menetapkan PON tetap dilaksanakan tahun ini. Sesuai jadwal akan digelar 2-15 Oktober 2021,” kata Yunus Woda melalui telepon genggamnya dari Jakarta kepada Pasific Pos, usai pertemuan terbatas.

Hanya saja kata legislator Papua itu belum diputuskan tata cara terkait pelaksanaan PON ke-XX di Bumi Cenderawasih ini

Apakah nantinya akan digelar tanpa penonton atau secara normal, mengingat ajang itu akan digelar ditengah pandemi Covid-19.

“Jadi hingga kini belum ada instruksi itu apakah dilaksanakan secara virtual atau apa. Tapi tetap kita siapkan secara normal,” ujar Yunus Wonda.

Lanjut dikatakan, permintaan penundaan PON disampaikan Enembe yang juga Ketua Umum PB PON Papua saat bertemu Wakil Presiden, Ma’ruf Amin di Jakarta, akhir Februari 2021 lalu.

Menurut, Yunus Wonda, ada dua alasan utama Gubernur Papua meminta ditunda ketika itu. Pertama karena situasi Covid-19 ini terus meningkat. Kedua, Gubernur melihat ini pesta rakyat dan euforia rakyat, sehingga tidak ingin event itu diselenggarakan tanpa penonton.

“Jadi pak Gubernur mau karena ini pesta rakyat, sehingga rakyat juga bisa menyaksikan secara langsung. Ini kesempatan langkah Papua menjadi tuan rumah. Tapi kalau kita tunggu event berikutnya, itu mungkin 100 tahun lagi,” cetusnya.

Artikel Terkait

Workshop Jurnalis, Gaung Peparnas Harus Sampai ke Seantero Indonesia

Bams

PON XX, Peralatan Biliar Dikirim ke Mimika

Bams

Ini kata Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Soal Otsus, DOB dan PON XX Tahun 2021

Jems

Band Kotak dan Komunitas Kesenian Papua Meriahkan Gebyar PON

Bams

Anggaran PON XX Rp 94,8 Miliar Disalurkan ke Sub PB Klaster Kabupaten Jayapura

Jems

Tim Kemendagri cek kesiapan PON Papua

Bams

Klaster Mimika Menunggu Kepastian Anggaran PON

Bams

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News

Tokoh Lintas Agama Siap Sukseskan PON XX Papua

Bams