Pasific Pos.com
Papua Barat

YPK Telah Berkontribusi Majukan Pendidikan di Manokwari

Manokwari, TP – Kehadiran Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua khususnya di Manowari telah mencapai usia ke 56 tahun. Seiring perjalanannya, diakui kehadiran YPK telah memberikan kontribusi dan ikut berperan besar dalam dunia pendidikan, sebab YPK merupakan pendidikan pertama yang lahir dari hasil sending Misionaris Otto-Geisler 5 Februari 1855 silam.

“Banyak sekolah-sekolah YPK yang berdiri dari usia dini sampai jenjang pendidikan tinggi tersebar hingga pelosok tanah Papua. Selama berdiri, YPK sudah menghasilkan lulusan-lulusan yang berperan penting dalam berbagai bidang pembangunan, terutama disektor pemerintahan, pendidikan, swasta, keagamaan, LSM dan sebagainya,”kata Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo saat menghadiri HUT YPK ke 56 di di gereja GKI Korintus Indisey Warmare, Kamis (8/3).

Budoyo menilai, diusianya lebih dari setengah abad, YPK telah menjadi mitra Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dalam memajukan pendidikan. “Bersama Pemda merupakan mitra dalam penyelenggaraan pendidikan. YPK sendiri mengalami pasang surut, namun dari tahun ke tahun mengalami perkembangan,” kata Budoyo.

Budoyo berharap, HUT YPK dapat dijadikan sebagai momentum bagi para pendiri yayasan hasil sending ini untuk ikut meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

“Pendidikan merupakan barometer majunya suatu bangsa dan daerah, sehingga sektor ini menjadi salah satu misi prioritas pembangunan di Manokwari. Untuk mewujudkan visi dan misi ini, Pemda selalu memberikan perhatian, termasuk kepada yayasan pendidikan termasuk YPK,” jelas Budoyo.

Pemkab Manokwari kata Budoyo, akan berupaya membantu YPK agar bisa lebih meningkatkan perannya. [SDR-R3]