Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Yonif 756/WMS Dapat Kado Valentine Senpi Mouser dari Masyarakat

Keerom, – Hari kasih sayang atau Valentine di bulan Februari ini tampaknya membawa berkah bagi Batalyon 756/WMS yang bermarkas di Wamena kabupaten Jayawijaya.

Bagaimana tidak dikatakan demikian, berkat pendekatan dan perhatian prajurit kepada masyarakat di kampung Yamua Arso, sebagai wujud kecintaan dan kasih sayang masyarakat menyerahkan 1 (satu) pucuk senjata laras panjang jenis Mouser Cal 7,62 serta 10 butir munisi.

Penyerahan ini terjadi Selasa (20/2/18) dini hari di kampung Yamua kabupaten Arso. Penyerahan senjata dilakukan oleh oknum mantan anggota kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) yang menyatakan diri ingin kembali ke pangkuan Pertiwi.

Danyon 756/WMS, Mayor Inf. Budi Situmeang yang sedang mengikuti rapat pimpinan (rapim) di Kodam XVII/Cenderawasih , Senin (19/2) menjelang tengah malam menerima telphon dari stafnya bahwa ada yang mau menyerahkan senjata. “Ijin komandan, ada masyarakat yang mau menyerahkan senjata tapi meminta komandan yang langsung menerimanya,” ujar Danyon 756, menirukan telphon yang diterimanya.
Danyon 756/WMS pun mengiyakan untuk datang ke Arso untuk menerimanya.

Danyon menceritakan penyerahan senjata ini berawal dari Prt Arviadi yang sehari hari berdinas di Kipan A Yonif 756/WMS menjalin komunikasi yang baik dengan salah satu mantan KKSB dan mengajaknya kembali ke NKRI.

Pasiops Yonif 756, Lettu Inf Sony yang sebelumnya menjabat sebagai komandan peleton dari Prt. Arviadi dan Dankipan A Yonif 756/WMS, Lettu Sony serta Prt. Arviadi menemui mantan anggota KKSB tersebut. Lalu sang mantan KKSB ini menyatakan akan menyerahkan 1 pucuk senjata laras panjang hanya kepada Danyonif 756/WMS dengan meminta jaminan kerahasiaan identitas untuk keamanan keluarganya.

“hal ini dilaporkan kepada saya. Dan sayapun segera bergegas ke Arso sesuai dengan permintaan beliau,” ujar Danyon , May Budi Situmeang.

Tepat pukul 00.45 WIT, mantan KKSB menyerahkan d1 pucuk senjata laras panjang jenis Mouser kal 7,62 berikut 10 butir munisinya di perkebunan sawit Kampung Yamua distrik Arso kabupaten Keerom.

Lebih lanjut danyon menjelaskan, sebelum menyerahkan senjata mantan KKSB ini menyampaikan simpati atas kegiatan Kompi Senapan A Yonif 756/WMS khususnya saat bulan Desember dan mendukung kegiatan perayaan Natal serta ibadah lainnya.

“Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan rasa simpati yang tinggi atas upaya Presiden Jokowi yang melaksanakan program penerangan listrik masuk Honay. Hal ini sangat menyentuh dan dianggap sebagai penghormatan terhadap budaya dan leluhur orang Papua,” ujar Danyon, May. Budi Situmeang.

Setelah menyerahkan senjata tersebut ybs langsung meninggalkan TKP dan menyatakan akan mengajak rekan-rekannya untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi & membangun serta memajukan Papua yg sejahtera dlm bingkai NKRI.