Pasific Pos.com
Papua Tengah

Yehuda Gobai Ajak Masyarakat Paniai Wujudkan Pilkada Damai

PANIAI – Calon Bupati Paniai periode 2018 – 2022 mendatang, Yehuda Gobai yang berpasangan dengan Yan Tebai mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Paniai untuk mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Paniai dengan cara-cara damai, santun dan bermartabat.

“Karena ini adalah pesta demokrasi maka harusnya dirayakan dengan gembira oleh masyarakat dengan cara-cara yang santun, damai dan mengedepankan politik yang beretika,” kata calon bupati dari jalur perseorangan ini, melalui sambungan telepon, usai menghadiri acara deklarasi kampanye damai di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (24/2).

Acara deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Papua ini dihadiri oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua serta calon Bupati dan Wakil Bupati dari 7 kabupaten di Papua yang menyelenggarakan Pilkada, yaitu Membaramo Tengah, Jaya Wijaya, Puncak, Biak Numfor, Mimika, Paniai dan Deiyai.

Menurut Yehuda, pengalaman-pengalaman di Pilkada yang lalu, harus menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan bersama lagi di seluruh Papua, utamanya di Kabupaten Paniai. “Termasuk politik-politik kotor, kita harus hindarkan dan biarkan masyarakat sendiri bebas memilih siapa pemimpin yang mereka kehendaki. Tanah Papua ini adalah tanah damai jangan kita kotori dengan darah hanya karena konflik Pilkada,” katanya.

Deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan secara bersama-sama itu, menurut dia lagi, hendaknya tidak hanya menjadi seremonial di tempat kegiatan saja tetapi harus benar-benar menjadi komitmen seluruh pasangan calon dan juga tim sukses serta penyelenggara Pemilu dan aparat keamanan serta seluruh masyarakat Papua. “Yang bisa kami pastikan, kami akan mengajak seluruh pendukug kami agar tidak terpancing dalam konflik dan kekerasan,” ungkapnya.
Yehuda menjelaskan sekali lagi komitmennya membangun Paniai agar menjadi kabupaten yang terkenal dengan Danau Paniai tersebut betul-betul maju dan berkembang. “Kami hadir di Paniai membawa gagasan perubahan, karena kami nilai pemimpin sebelumnya gagal membawa perubahan itu,” ketusnya.

Perubahan yang ditawarkan tentu saja terkait dengan pembangunan fisik di Paniai, pembangunan manusia (SDM) agar mereka makin sejahtera, kesehatannya terjamin, ekonominya terpenuhi dan pendidikan mereka tercukupi. “Itu tujuan kami maju untuk menjadi pemimpin di tanah ini,” pungkas mantan anggota DPRD Nabire ini.

Seperti diketahui, KPU Paniai menetapakan 5 pasangan calon untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Paniai tahun 2018-2022, yaitu pasangan Hengky Kayame – Yeheskiel Tenouye, Meki Nawipa – Oktopianus Gobai, Yehuda Gobai – Yan Tebai, Naftali Yogi – Marthen Mote dan pasangan Yunus Gobai – Markus Boma.(ris)