Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Yayasan Indonesia Cerdas Temui Pemkab Jayapura Bahas Tenaga Guru

SENTANI – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mnyambut kunjungan Ketua Umum Yayasan Transformasi Indonesia Cerdas, di VIP Room Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (6/3/18) siang.

Kunjungan yang dipimpin oleh Dr. F. Irwan Widjaja, B.Sc., MAIE., M.Th., M.Miss, PhD, selaku Ketua Umum Yayasan Transformasi Indonesia Cerdas.

Irwan Widjaja menjelaskan, tujuan kunjungan adalah untuk membahas tenaga guru, juga akan membangun Kampung Cerdas dan membuat Pilot Project di Kabupaten Jayapura.

“Jadi, banyak hal yang kita bahas dengan pak Bupati. Selain membahas guru, kita juga akan membangun Kampung Cerdas dan kita juga akan membuat Pilot Project, yakni semua data (segala sesuatu) itu bisa terkonek serta akses data, akses tempat dan juga akses sumberdaya boleh dikembangkan, termasuk akses sumberdaya alam,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Wakil Ketua Track III Yayasan Transformasi Indonesia Cerdas, Kenny Kusumo, B.Sc, menambahkan kunjungan pihaknya ini untuk membicarakan Papua Cerdas, khususnya Kabupaten Jayapura yang harus cerdas.

“Kunjungan kita ini membicarakan mengenai Papua Cerdas, khususnya Kabupaten Jayapura harus cerdas. Jadi, cerdas itu harus dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, jangan cuma di ruangan ini saja. Tapi, langsung di aplikasikan di lapangan,” katanya.

Dikatakan Kenny Kusumo, Yayasan Transformasi Indonesia Cerdas ini merupakan sebuah lembaga pendidikan, sekaligus pembelajaran yang handal dalam mendidik, mengembangkan dan juga membina potensi anak didik. Selain mendidik, pihaknya juga melayani sesama dan melayani Tuhan hingga ke kampung-kampung maupun distrik-distrik terluar.

“Kurang lebih ada 250 orang guru kami yang mempunyai hati untuk melayani, baik melayani Tuhan maupun melayani sesamanya. Juga mempunyai keinginan agar kerajaan Tuhan yang mereka percaya, yakni Datanglah Kerajaan-Mu Itu, Datang di Muka Bumi Ini. Mereka melayani sampai ke desa-desa (kampung) dan juga distrik-distrik yang terluar, serta mereka tidak akan pulang kalau tidak menjadi berkat bagi sesama,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw berharap kerjasama dengan Yayasan Indonesia Cerdas ini lebih baik lagi dan dapat terus berkembang serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Jayapura di bidang Pendidikan maupun di bidang lainnya.

“Pertemuan dengan Indonesia Cerdas itu, kita evaluasi mereka punya pelayanan di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura. Kita berusaha untuk kerjasama lebih baik lagi, juga mereka mengevaluasi ke dalam internal mereka sendiri. Bagi saya kita bisa kembangkan kerjasama di bidang-bidang lain lagi dengan Indonesia Cerdas,” katanya.

Menurut Mathius, Yayasan Indonesia Cerdas ini sangat serius untuk memberikan banyak hal guna kemajuan Papua.

“Kerjasama kita di bidang lain itu, pariwisata juga bisa kerjasama dengan mereka. Serta para pendamping desa (kampung) ini juga bisa diberikan pelatihan-pelatihan seperti ini, karena guru-guru yang kita tempatkan di daerah ini dapat dikatakan berhasil. Kalau ada tenaga-tenaga pendamping lagi bisa dilatih dan juga bisa bertahan untuk bekerja demi kepentingan masyarakat,” tukas Mathius.