Pasific Pos.com
Papua Barat

Wujudkan Nol Sampah, DLH Rangkul Pengurus Agama

Manokwari, TP – Dalam rangka mewujudkan Manokwari nol Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari mengedepankan cara edukasi.

Cara itu, digunakan DLH untuk menutupi celah bahwa Manokwari masih kekurangan sarana prasarana bila ingin mewujudkan Manokwari nol Sampah.

“Sistem edukasi ini khususnya untuk limbah plastik dan sudah ditindaklanjuti dengan instruksi bupati,” kata Plt Kepala DLH Manokwari, Sumedi kepada wartawan di Jl. Percetakan Sanggeng, baru baru ini.

Sumedi menjelaskan, pihaknya akan merangkul pengurus gereja dan mesjid untuk membantu mewujudkan Manokwari nol Sampah agar rutin menghimbau kepada jemaahnya untuk tidak membuang limbah plastiknya.

“Nanti ada program sampah ku persembahan ku yang melibatkan orang Kristen. Dimana, masing-masing gereja mengumpulkan sampah dan dijual dua ribu perkilo. Untuk program sampah ku persembahan ku akan dimulai hari jumat mendatang,” jelas Sumedi.

Selain gereja, lanjut Sumedi pihaknya juga akan merangkul mesjid dengan cara memberikan instruksi bupati untuk tidak membuang sampah plastik, melainkan dikumpulkan dan jual.

“Gereja menggerakan jemaatnya masing-masing sampah di rumah jangan dibuang, kalau minggu dibawa ke gereja dikumpulkan dan ditimbang. Begitu juga dari mesjid, sehingga hasil penjualannya bisa digunakan,” terang Sumedi.

Staf ahli Pemkab Manokwari bidang SDM ini yakin bila sekolah, gereja, mesjid menjalankan instruksi bupati tersebut, bukan tidak mungkin Manokwari bisa nol sampah. [SDR-R3]