Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Willem Wandik Komitmen Ciptakan Pilkada Damai di Puncak

Jayapura,- Mengingat Kabupaten Puncak adalah salah satu dari 7 kabupaten yang dipetakan Polda Papua rawan terjadinya konflik dalam pelaksanaan pilkada serentak di provinsi papua mendatang.

Calon Bupati petahana kabupaten Puncak, Willem Wandik mengungkapkan akan berkomitmen untuk menciptakan pilkada di Puncak aman dan damai walaupun sudah dipetakan bahwa kabupaten Puncak memiliki tingkat kerawanan konflik yang cukup tinggi.

“Saya tidak pungkiri kalau kabupaten Puncak rawan konflik, namun kami akan membuat Puncak aman dan damai sehingga tidak terjadinya konflik, dan kami akan membuat kabupaten Puncak menjadi satu rujukan di indonesia menjadi daerah yang melaksanakan pilkada aman dan damai,” ungkapnya Sabtu (24/2/18) siang.

Kata Willem, salah satu faktor terjadinya konflik adalah pasangan calon bupati dan wakil bupati di daerah tersebut lebih dari satu, mengingat di Puncak hanya memiliki satu calon yang bisa disebut calon tunggal maka sangat minim terjadinya konflik horizontal antar massa pendukung.

“Kami hanya calon tunggal tidak ada calon-calon lainnya sehingga kami bisa memanilisir adanya konflik di Puncak,” tuturnya.

Dirinya pun berharap apabila pilkada Puncak berjalan aman dan damai serta tidak terjadi konflik, maka pilkada-pilkada kedepannya pun akan berjalan aman dan itu akan menjadi catatan sejarah di Republik Indonesia.

“Kami siap ciptakan Pilkada damai, dimulai dari pilkada saat ini hingga pilkada-pilkada yang akan datang, dan tidak akan terulang lagi konflik yang memakan korban jiwa seperti pilkada sebelumnya,” tegas Willem.