Pasific Pos.com
Papua Selatan

Warga Diimbau Waspadai ISPA dan Diare

MERAUKE,ARAFURA,- Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, dr. Nevil Muskita, mengatakan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare tercatat menjadi penyakit yang sering muncul pada musim kemarau. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai ancaman penyakit tersebut dengan menjaga kebersihan. Pasalnya memasuki musim kemarau basah yang kadang hujan dan kadang panas membuat pasien diare dan ISPA meningkat.

Ia mengatakan, kebanyakan pasien diare karena mengkonsumsi air yang kurang higienis, tidak mencuci tangan dan konsumsi air yang belum matang. Karena itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan dan kondisi lingkungan.

Diharapkan, kepada masyarakat tidak membuang Buang Air Besar (BAB) di sembarangan tempat, cuci tangan pakai sabun, buang sampah pada tempatnya dan mengkonsumsi air yang sudah matang.“Untuk mengantisipasi penyakit ini, masyarakat diminta untuk pola hidup sehat dan menjaga kebersihan baik lingkungan maupun mengkonsumsi makanan maupun minuman,” tandasnya kepada ARAFURA News di ruang kerjanya, baru-baru ini.