Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Warga Diimbau Jangan Gunakan Calo Urus Dokumen Kependudukan

 

JAYAPURA, – Tidak ingin ribet dan berlama-lama mengantri, sebagian warga sering melibatkan calo atau perantara khususnya dalam mengurus dokumen kependudukan.

Untuk itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, mengimbau kepada warga agar jangan menggunakan calo saat mengurus dokumen dengan berbagai keperluan.

“Mengurus dokumen kependudukan sekarang cepat. Bahkan 30 menit sudah jadi. Kami juga sudah lakukan layanan online untuk memudahkan,” kata Merlan di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (7/2/18).

Selain itu, kata Merlan, menguurs melalui perantara, warga harus mengeluarkan biaya jasa. Padahal mengurus dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan akta kematian tidak dipungut biaya alias gratis.

“Sebaiknya datang saja langsung ke kantor. Saya juga minta kepada masyarakat agar melaporkan langsung jika ada pegawai kependudukan yang memungut biaya tanpa adanya kejelasan,” kata Merlan.

“Warga yang tidak menggunakan calo senantiasa sadar administrasi dokumen kependudukann. Saat ini mengurus administrasi kependudukan sudah cepat, mudah, tepat dan tidak dipersulit,” kata Merlan menambahkan.