Pasific Pos.com
Papua Selatan

Warga Di Perbatasan Serahkan Senpi Rakitan

MERAUKE,ARAFURA,- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad kembali menerima penyerahan secara suka rela dari warga masyarakat satu pucuk Senjata Api (Senpi) rakitan, Jumat (21/6) lalu. Penyerahan dilakukan oleh seorang warga berinisial PR (52) rawa-rawa di sekitar Kampung Kukumit, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke.

Senjata yang diserahkan itu adalah jenis engkelop dan ini merupakan yang ketiga kalinya Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad menerima penyerahan Senpi rakitan. Penyerahan diterima Komandan SSK 2 Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad, Kapten Inf Bambang Supriyanto.

Penyerahan Senpi rakitan tersebut, merupakan buah dari pendekatan yang dilakukan prajurit Satgas Pamtas kepada masyarakat di wilayah perbatasan. Kapten Inf Bambang Supriyanto, mengatakan Pos Kalimandom selama ini terus berupaya melakukan pendekatan dengan masyarakat yang sering melintas. Masyarakat diberikan pemahaman terkait legalitas pelintasan kedua negara, termasuk juga larangan kepemilihan Senpi oleh warga sipil.

Ditambahkan, saat menyerahkan Senpi rakitan tersebut PR mengaku sudah menyimpan senpi selama dua puluh tahun. Dengan membaiknya kondisi keamanan di wilayah perbatasan, maka PR merasa tidak perlu lagi menyimpan senjata.