Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Walikota : Canangkan GISA Guna Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

 

JAYAPURA,- Walikota Jayapura, Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM, resmi mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) bagi masyarakat di 5 distrik di Kota Jayapura.

Pencanangan GISA tersebut ditandai dengan penandatangan komitmen GISA oleh 5 kepala distrik se-Kota Jayapura, disela-sela perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jayapura ke 108 Tahun.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tommi Mano, mengatakan Kota Jayapura sebagai salah satu kota yang mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil) hebat.

Sebagai wilayah percontohan, Kampung Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara dijadikan sebagai pilot projecknya. Semoga dengan diresmikannya GISA saat ini, adanya kesadaran masyarakat dalam dokumen kependudukannya meningkat, ungkapnya dalam sambutannya pada acara Pencananagan GISA di Lapangan Lantamal X Jayapura, Rabu, (7/3/18).

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Merlan Uloli, SE, MM, menandaskan, berdasarkan intruksi Mendagri bahwa harus tertib kependudukan. Tertib kependudukan ini tidak hanya bagi masyarakatnya saja tetapi berlaku bagi semua elemen masyarakat, yang mana semua pihak ikut berkontribusi terhadap program GISA kependudukan.

Diakuinya, sebagian masyarakat sudah punya kesadaran untuk tertib administrasi, tetapi juga sebagian kecil belum. Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk bagaimana GISA ini bisa masuk ke titik-titik dimana masyarakat yang belum sadar dokumen kependukan.

Kami sendiri sebagai penyelenggara selalu memberikan yang terbaik, terus berupaya berinovasi, artinya kita selalu mencari merubah sistim pelayan ini untuk mencari yang terbaik, tandasnya.

Disampaikan, demi untuk tertibnya administrasi kependudukan, yang dalam hal ini setiap individu warga Kota Jayaura terdata dengan baik, pihaknya terus merubah pola pelayanan sistem kependudukan mereka, guna mencari formula yang tepat untuk diterapkan dalam mempermudah masyarakat berakses dalam memperoleh dokumen kependudukannya.

Kalau pelayanan ini kami coba dan ada kendala, maka kami rubah lagi pola pelayanan kami, imbuhnya.

Soal penandatangan GISA ini, tidak lain pihaknya mengajak kepala-kepala distrik (Hingga kelurahan/kampung dan RT/RW) untuk bersama-sama berkomitmen dalam menggerakan warganya untuk sadar bahwa dokumen kependudukan itu sangat penting dibutuhkan.

Ditambahkannya, program GISA ini meliputi program yaitu program sadar kepemilikian dokumen kependudukan, program sadar pemutahiran data penduduk, program sadar pemanfaatan data kependudukan.

Ini sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia, pungkasnya.