Pasific Pos.com
Papua Selatan

Wabup:”Hargai Perbedaan”

MERAUKE,ARAFURA,- Wakil Bupati Merauke, Sularso,SE mengajak warga masyarakat Kabupaten Merauke untuk senantiasa menghargai yang namanya perbedaan pendapat, apalagi perbedaan pendapat itu untuk pembangunan. Maka, masukan, saran dan solusi merupakan suatu perkembangan yang diharapkan mampu mendorong serta mendampingi seluruh proses pembangunan yang ada.

“Dalam pemerintahan, ada yang namanya partai politik pendukung pemerintah daan oposisi. Kalau menurut hemat kami, oposisi sangat dibutuhkan baik di tingkat pusat maupun di daerah,”ujar Wabup di Aula Mapolres Merauke, Senin (16/7).

Menurut Wabup, keberadaan oposisi adalah penyeimbang bukan perlawananan. Justru, ketika pemerintah tidak ada yang mengontrol maka akan ada dampak negatifnya. Sebagai contoh, ketika Orde Baru tidak ada oposisi sehingga pemerintah bisa membuat apa saja yang diinginkan tanpa ada control yang dilakukan oleh masyarakat lewat partai politik.

“Dengan adanya oposisi, baik oposisi di Dewan Perwakilan Rakyat maupun di pemerintahan mampu mengontrol keseimbangan pembangunan, sehingga apa yang dilakukan pemerintah, kalau memang itu positif kita dukung, kalau tidak positif kita kritisi,”ujarnya.

Ditambahkan Wabup, siapapun yang menjadi pemimpin baik di tingkat nasional maupun di daerah sudah pasti punya kekurangan. Tidak ada pemimpin yang sempurna, namun seluruh pemimpin pasti punya banyak kelebihan yang telah dilakukan. Karena itu, proses untuk saling menghargai, saling menghormati harus terus dijaga, sebagai budaya orang Indonesia.

“Kita sangat menjujung tinggi kekeluargaan, sehingga bisa menjaga kebersamaan, mampu menjaga roh gotong royong yang telah ditanamkan oleh para pendahulu kita, sehingga mempercepat proses pembangunan yang kita lakukan,”tukasnya.