Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Volume Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Jayapura Naik 12 Persen

 

Jayapura – Volume bongkar muat barang di Pelabuhan Jayapura pada lebaran lalu meningkat 12 persen dibandingkan lebaran tahun 2017.

General Manager PT Pelindo IV cabang Jayapura, Muhajir Djurumiah mengatakan, meningkat dari 588.000 ton menjadi 660.554 ton atau selisih 112,35 persen. Lalu peti kemas, dari 43.572 teus menjadi 46.908 teus atau meningkat 7 persen.

“Secara keseluruhan arus barang meningkat, tetapi tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Jayapura sebab telah diantisipasi sebelumnya dengan perusahaan pelayaran agar lebih awal memberangkatkan kapal pengangkut peti kemas berisi komoditi ke Jayapura agar cepat selesai bongkar muat, “papar Muhajir, di Kota Jayapura, belum lama ini.

Muhajir menjelaskan, tidak terjadi penumpukan peti kemas di Pelabuhan Jayapura pada musim lebaran lalu disebabkan kapal pengangkut peti kemas mengutamakan mengangkut barang konsumsi yang akan digunakan untuk hari raya. Sementara barang untuk proyek diangkut setelah lebaran.

Angkutan barang oleh kapal pengangkut peti kemas, kata Muhajir, lebih dominan barang konsumsi. Proyek pemerintah yang sedang berjalan juga mempengaruhi meningkatnya arus bongkar muat barang di Pelabuhan Jayapura sebesar 7 persen.

“Pekerja proyek memerlukan makan minum, sebab itu barang-barang konsumsi yang disuplai ke Papua dipercepat kedatangannya, “ucapnya.