Pasific Pos.com
Info Papua

Usulan Dana TC PON Papua Mencapai Rp 200 Miliar

Jayapura,- Pemerintah Provinsi Papua sudah menerima usulan anggaran pemusatan latihan atau training center (TC) dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua.

Hal itu disampaikan Penjabat Gubernur Papua Soedarmo kepada wartawan di Jayapura, Kamis kemarin. “usulan dana untuk TC bagi atlet Papua dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 sudah masuk, akan kita bahas nanti,” katanya.

Menurutnya, usulan dana yang diajukan KONI Papua ini sah-sah saja dan tentunya tidak ada masalah. Hanya belum bisa dipenuhi dan akan dibahas pada Angaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2018 ini.
“kita akan bahas di APBD perubahan 2018 dulu. KONI Papua memang usulkan anggaran TC ini nilainya cukup besar mencapai Rp 200 miliar,”ungkap Soedarmo.

Kata Soedarmo, Pemerintah Provinsi Papua tahun ini sudah memberikan bantuan ke KONI Papua sebesar Rp 10 Miliar. Sehingga usulan dana tambahan ini belum dipenuhi semuanya, karena masih perlu dibahas di APBD Perubahan tahun 2018.

“Kan waktu pembahasan APBD 2018 banyak pertimbangan, karena ada pembiayaan untuk Pilkada Papua, selain itu kaitan juga dengan masalah kebutuhan PON 2020, bukan hanya untuk TC atlet saja, tetapi juga untuk pembangunan venue PON dan sebagainya,”ujar Soedarmo.

Untuk itu, Gubernur minta KONI Papua jangan menyalahkan pemerintah dulu. Yang jelas di APBD Perubahan pasti akan dibahas untuk anggaran TC atlet PON Papua tersebut, termasuk kebutuahan lain KONI Papua dan pembangunan venue PON 2020.

“Memang ada pengajuan anggaran TC PON, tetapi sekarang kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena semua sudah ditetapkan dalam DIPA dan DPA tahun 2018, sehingga harus dibahas di APBD Perubahan nanti,” tandasnya.