Pasific Pos.com
Info Papua

Uskup : Ibadah Hari Minggu Di Gereja Ditiadakan

Ibadah Hari Minggu Di papua Ditiadakan
Gereja Katedral Jayapura

Jayapura,- Uskup Keuskupan Jayapura Leo Laba Ladjar OFM dalam surat edaran No.75, tertanggal 19 Maret 2020, menegaskan bahwa Misa dan Ibadat Sabda ditiadakan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Khusus untuk Misa dan Ibadat Sabda hari minggu lalu kita masih harus menyelesaikan di gereja dengan meminta petunjuk untuk “Jaga Jarak” atau yang disebut “jarak sosial”, cuci tangan dan sebagainya. Kesan kami umat cukup patuh pada petunjuk-petunjuk itu. Ini dikatakan Uskup Jayapura Leo Laba Ladjar, OFM dalam rilisnya yang diterima, Senin (23/3) sore.

Dikatakan, namun saat ini kini lebih dibutuhkan tindakan yang lebih tegas. Maka, dengan memperhatikan deklarasi longregasi untuk Ibadat dan Disiplin Sakramen (Roma), dan ketetapan Keuskupan Agung Jakarta, kami sepakat antara lain, pertama Misa hari Minggu dan Ibadat Sabda bersama umat di gereja-gereja ditiadakan.

Kedua, Umat tinggal di rumah dan berdoa bersama sekeluarga, dengan mengikuti tata ibadat sabda yang ada di Madah Bakti atau buku-buku liturgi lainnya. Bapak dan ibu hendaknya memimpin ibadat /doa bersama itu. Ketiga Pproki-paroki kota yang bisa mengusahakan sarana untuk penyiaran langsung (live streaming) mohon mengusahakannya dan mengumumkan jam dan cara bagaimana menangkap siaran agar mungkin orang bisa sebanyak mungkin orang bisa ikut dari rumah.

Keempat, paroki-paroki di pedalaman dan pegunungan hendaknya lihat situasi. Umat ​​bisa berkumpul di gereja seperti biasa, jika tidak ada orang yang tiba dari tempat lain dalam empat belas hari terakhir dan tidak berhasil periode isolasi diri di rumah.

Kelima, ketetapan ini berlaku hingga tanggal 4 April dan akan ditinjau kembali, jika disetujui status yang lebih tinggi dari status darurat seperti sekarang ini . Dan kalau suasana dianggap belum normal, maka kita akan melihat bagaimana cara kita merayakan Pekan Suci, Trihari Suci dan Paskah.

Artikel Terkait

Tiga Tenaga Medis Positif Covid-19, Lima Kabupaten Masuk Zona Merah

Fani

Kapolda Papua Imbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik

Fani

Walau Hasilnya Negatif, Keluarga Pasien Covid Pertama di Papua Masih Dijauhi

Fani

Satgas Covid Papua Minta Bupati Mappi Umumkan Hasil PCR 21

Fani

Anggaran Covid-19 Papua Sudah Siap

Bams

Sumule : Kasus Covid-19 Di Papua Semakin Naik, Mencatat 45 Positif

Fani

Papua Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19 28 Hari

Bams

Angka Pasien Covid-19 Meningkat, Papua Tingkatkan Status Jadi Tanggap Darurat

Bams

Manajemen Bank Papua Bantah Lima Pegawai Positif Covid-19

Zulkifli