Pasific Pos.com
Papua Selatan

Usai Idul Fitri, Stok Darah Menipis

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Unit Tranfusi Darah Kabupaten Merauke, dr. Paul Kalalo mengatakan ketersediaan darah usai Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri sangat berkurang. Tetapi dengan adanya beberapa kegiatan donor darah yang dilakukan, pihaknya sangat terbantu sehingga diharapkan kedepan animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya dapat meningkat.

Lebih lanjut Paul menjelaskan, untuk menjaga ketersediaan darah, pihaknya gencar melakukan kegiatan donor darah secara massal. Ia juga berharap, masyarakat dapat merespon dengan baik upaya PMI dalam memenuhi ketersediaan darah.

“Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia, kami bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan kegiatan donor darah,” ujarnya di Kantor Bupati, Selasa (26/6) lalu.

Ia mengatakan, saat ini ketersediaan semua golongan darah tersedia, namun porsinya sedikit sehingga diharapkan dengan kegiatan donor darah stok darah di bank darah dapat meningkat. Sangat diharapkan masyarakat Merauke bisa melakukan donor darah secara rutin sehingga stok darah di bank darah tetap terjaga untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, manfaat rutin donor darah adalah memperlancar aliran darah, dapat mengetahui kesehatan dan tentunya menolong masyarakat yang membutuhkan karena satu tetes darah dapat menolong sejiwa manusia.