Pasific Pos.com
Kota Jayapura Pendidikan & Kesehatan

Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Sejumlah Relawan Mengaku Tak Merasakan Gejala Apapun

Wakil Walikota Jayapura, Ir.H.Rustan Saru menunjukkan kartu vaksin Covid-19. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Pemerintah Kota Jayapura melakukan pencanangan Vaksinasi Covid-19, Sabtu (16/1/2021) di Kantor Walikota Jayapura.

Wakil Walikota Jayapura, H. Rustan Saru menyampaikan bahwa saat ini banyak informasi tidak benar yang beredar di tengah masyarakat mengenai vaksin Covid-19 sehingga menimbulkan keresahan.

“Untuk mejawab keresahan dan keraguan masyarakat Kota Jayapura terhadap vaksin Covid-19, maka saya ingin langsung divaksin untuk melihat layak atau tidak digunakan,” ucap Rustan Saru.

Rustan bercerita, 30 menit setelah divaksin, dirinya tak merasakan gejala apapun. Untuk itu, Rustan mengimbau kepada masyarakat agar tidak ragu untuk divaksin.

“Tubuh kita punya hak untuk sehat, maka dari itu, Pemkot mencanangkan “Gerakan Ayo Vaksin Covid-19” agar warga Kota Jayapura bebas dari Covid-19,” tegasnya.

Penerima vaksin Covid-19 perdana lainnya, Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas menyampaikan bahwa warga negara mempunyai hak memilih layanan kesehatan yang terbaik.

“Saya tidak katakan diawal bahwa saya siap divaksin, tapi saya katakan bahwa saya sudah divaksin Covid-19, karena tidak semua orang kondisi kesehatannya sama, untuk itu prosedur tahapan sudah disiapkan dan setelah divaksin kami dalam kondisi sehat, tidak merasakan gejala apapun. Jadi vaksin ini baik untuk masyarakat, selain melindungi diri sendiri, juga melindungi orang sekitar kita,” ucap Kapolresta.

Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto, mengatakan meski banyak informasi tidak benar yang beredar yang memberikan keraguan kepada masyarakat terkait vaksin Covid-19, tetapi dia meminta masyarakat yakin bahwa tidak ada satupun negara yang ingin mencelakakan rakyatnya.

“Justru yang dilakukan adalah melindungi dan mengayomi masyarakat. Oleh karena itu, pada saatnya nanti divaksin, tolong diikuti dan jangan ragu-ragu. Dengan kita mengikuti aturan pemerintah khususnya vaksinasi, maka akan membuka kita kepada situasi Kembali normal,” tandasnya.

Supriyanto salah satu penerima vaksin Covid-19 perdana di tingkat Kota Jayapura. Usai divaksin, dia menyampaikan bahwa tidak merasakan gejala apapun usai divaksin.

Perwakilan tokoh agama muslim, Ustadz H.Burhanuddin mengajak umat muslim di Kota Jayapura untuk divaksin. Dia juga meminta umat muslim tak percaya dengan informasi yang tidak benar.

“Kaum muslimin dan muslimat, pengurus dari 134 masjid di Kota Jayapura kami sampaikan bahwa percayalah pada pemerintah karena vaksin ini bentuk kecintaan, kasih sayang pemerintah terhadap rakyat sehingga mau berkorban sekuat tenaga memberikan kita vaksin secara gratis agar kita bisa menjalani hidup sehat setiap hari,” ucap Ustadz Burhanuddin.

Pada pencanangan tersebut, 33 dari 40 relawan melakukan vaksinasi Covid-19. Ke-33 orang tersebut dari berbagai stakeholder diantaranya Wakil Walikota Jayapura, Kapolresta Jayapura, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Jayapura, Kepala Distrik, Perwakilan Kementerian Agama Kota Jayapura, Tokoh agama, dan perwakilan Jurnalis di Jayapura serta petugas kesehatan. (Zulkilfli)