Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Usaha Home Industri untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga

JAYAPURA, – Peluang usaha home industri bisa jadi alternatif untuk memperoleh penghasilan guna meningkatkan perekonomian keluarga, meski hanya dilakukan di rumah saja.

Namun, bisnis rumahan di bidang makanan, kerajinan maupun kebutuhan rumah tangga bila ditopang dengan pendampingan pengetahuan keterampilan yang mendasarinya susah berkembang.

Untuk itu, Dinas Perindustrin Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, terus melakukan pendampingan terhadap pelaku home industri di Kota Jayapura.

Dari 26 kelompok usaha usaha home industri, Dipserindagkop dan UKM menugaskan sebanyak lima pendamping yang diambil dari Universitas Cenderawasi Jayapura, Kampus Ottos Geissler, dan ISBI Papua.

Tujuan pendampingan itu untuk memberikan motivasi semangat kepada pelaku usaha home industri. Adapun pendampingan yang dilakukan yang diajarkan seperti manajemen keuanagan dan penyelesaian kendala pada usaha agar lebih giat lagi melakukan produksi.

“Bantuan yang kami berikan sesuai keperluan masing-masing pelaku usaha seperti usaha kue dan batik,” kata Kepala Bidang Industri Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Alfrida Pasolang di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (19/2/18).

Seorang pemilik sanggar kerja Yoavivi yang beralamatkan di Pasir Dua, Dok 9 Jayapura, Yaronas Simon mengaku bersyukur mendapatkan bantuan sekaligus pendampingan sebab selama ini uang hasil jualan batik habis terpakai tanpa ada yang disisihkan.

“Kami sangat mendukung dan tentunya untuk perkembangan usaha agar lebih maju dan baik lagi sehingga menopang perekonomian dalam keluarga saya. Semoga pemerintah terus melakukan pendampingan kepada usaha home industri,” kata Yaronas.