Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Upaya Mengayomi Kalangan LGBT Lewat KUA

 

JAYAPURA, – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Syamsuddin mengatakan Lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) harus medapatkan perlakuan dan pelayanan yang sama.

“Kami terus menghimbau kepada masyarakat melalui KUA. Apabila LGBT ini hadir di KUA harus diberikan ruang,” kata Syamsuddin di Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura, Distrik Abepura, Jumat (9/3/18).

Artinya, kata Syamsuddin, walau memiliki gaya khas perempuan tapi memiliki hasrat untuk menikah, maka LGBT berhak mendapatkan pelayanan di KUA seperti para umumnya seperti konsultasi dan benar-benar untuk menikah dengan lawan jenisnya.

“Asal jangan datang untuk melangsungkan pernikahan sesama jenis karena di larang dalam agama. Semoga tidak terjadi Kota Jayapura,” kata Syamsuddin.

Untuk itu, lanjut Syamsuddin, LBGT bisa memahami diri, agar bisa menempatkan diri dalam masyarakat dengan cara melakukan kegiatan kepariwisataan dan dunia hiburan.

“Kami hanya menikahkan yang pasangan yang jelas, yaitu laki-laki dan perempuan. Menikah ada prosedurnya berupa dokumen yang di proses berupa validari keberanarannya,” kata Syamsuddin.