Pasific Pos.com
Papua Selatan

Untung Sangaji : Saudara-Saudara Kita Wajib Dapat Pelayanan Hidup Lebih Manusiawi

Kedekatan Kapolres bersama anak-anak dan remaja asli Papua saat meninjau tenda home industri (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-“Saudara-saudara kita wajib mendapat pelayanan hidup yang lebih manusiawi lagi dan nantinya bisa mandiri secara ekonomi dengan pelatihan tersebut. Sebab saat ini hanya hal itu yang termudah untuk mereka lakukan dan mereka terlihat enjoy dalam bekerja,” demikian ungkap Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum saat mencurahkan isi hatinya usai memantau aktifitas warga asli Papua binaannya di tenda home industri Polres Merauke kemarin. Nampak terlihat dari raut wajahnya yang kokoh, senyum penuh suka cita ketika melihat semangat warga dalam mengikuti pelatihan home industri yang ia gagas apalagi ketrampilan mereka mulai terlihat sekarang.

Usaha keras yang dimulai pria yang dikenal dekat dengan masyarakat ini sejak dari nol mulai membuahkan hasil dan seluruh hasil produksi warga, baik berupa kancing baju batok kelapa maupun minyak goreng akan dibeli dan uangnya langsung ditransfer ke rekening mereka masing-masing. “Hasil produksi saudara-saudara kita itu akan dipasarkan, baik produk kancing unik batok kelapa maupun minyak kelapanya. Uangnya langsung kita masukan ke rekening mereka sendiri sementara sembako dan bantuan hidup mereka, mulai sabun, odol, sikat gigi, pembalut dan baju selalu kita bantu dengan senang hati,”ujar Untung Sangaji kepada ARAFURA News.

Upaya yang dilakukan tidak hanya sampai di situ saja karena ke depan pihaknya juga akan memikirkan pemukiman yang layak bagi mereka mengingat tempat mereka berteduh masih jauh dari kata layak. “Insyaallah esok hari pasti Tuhan membantu kita untuk turut memikirkan pemukiman yang layak bagi mereka. Kasihan mereka karena bertahun-tahun hanya menjadi pemungut sampah di kampung mereka sendiri. Kalau bukan kita yang bantu lalu siapa lagi, itulah yang merupakan cita-cita saya sebagai Kapolres di Merauke, tanah Anim Ha tercinta ini di dalam semangat Isakod Bekai Isakod Kai,”pungkas Untung Sangaji.

Artikel Terkait

Terkait Tahanan Makar Yang Wafat, ‘Kapolres Bantah Ada Penyiksaan’

Arafura News

Pererat Silaturahmi Dan Persaudaraan, ‘Kapolres Untung Sangaji Ajak Masyarakat Binaan Dinner Bareng’

Arafura News

Kapolres : Cegah Makar, Pers Berperan Edukasi Masyarakat

Arafura News

Kapolres Minta Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Arafura News

Kapolres : Warga Toray Masih Butuh Perhatian

Arafura News

Beri Bantuan Makanan, Wujud Kepedulian Kapolres Bagi Warga Lapas

Arafura News

Untung Sangaji Minta Anggotanya Pahami Program Kapolri

Arafura News

Satu Lagi Gebrakan Dari Kapolres Untung Sangaji

Arafura News

Binmas Polres Himbau Sosialisasi Vaksinasi Covid-19 Di Pasar Baru

Arafura News