Pasific Pos.com
Papua Selatan

Unmus Salah Satu Perguruan Tinggi Sasaran Program Nusa Buku

 

MERAUKE,ARAFURA,-Untuk memperkuat geliat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat maka Medo Foundation melalui ‘Nusa Buku’ menyalurkan 4.215 buku untuk sejumlah perpustakaan, kampus, sekolah, keuskupan dan taman bacaan masyarakat yang ada di Kabupaten Merauke. Penyerahan buku telah dilakukan kemarin bertempat di Kampus Unmus mengingat Unmus juga menjadi sasaran pemberian buku selain Politeknik Pertanian Yasanto dan Akper Merauke.

Sebanyak 4.125 buku yang digalang Medco ini juga mendapat dukungan Book For Asia oleh Thea Asia Foundation. Selain membidik kampus juga disalurkan ke perpustakaan SMKN 3 Merauke, SMKN 1 Kumbe, SMKN 1 Jagebob, SMKN 1 Tanah Miring, SMK Santo Antonius, SMK Kesehatan Yaleka dan SD Inpres Wapeko.

Sedangkan untuk taman bacaan yang mendapat buku antara lain Taman Bacaan Katedral St.Fransiskus Xaverius, Taman Baca Sesawi Keuskupan Agung Merauke, Perpustakaan Sang Surya, TBM Kampung Sinegi, TBM Rumah Pintar Sota dan Kelompok Scooter Club (KSC). Penyerahan buku-buku ini menutup fase pertama program Nusa Buku yang dimulai Oktober 2017 lalu.

Selain Merauke donasi buku juga sudah diberikan ke Kabupaten Asmat dan sejumlah daerah lain di Indonesia. Distribusi hingga ke pelosok nusantara ini didukung pula oleh PT.Pos Indonesia dan mitra lain dalam gerakan literasi Indonesia.

Dalam sambutannya Rektor Unmus, Dr.Philipus Betaubun,ST, MT mengemukakan bahwa pihaknya menyambut baik program yang diusung oleh perusahaan dan penyerahan buku yang sudah dilakukan juga menjadi satu momentum yang luar biasa bagi tiga perguruan tinggi yang
ada di Merauke.

Memang cukup banyak investasi yang dilakukan di Kabupaten Merauke namun tidak semuanya memperhatikan bidang pendidikan. Khusus untuk lingkup Unmus sudah mendapat perhatian dan bantuan pendidikan dari perusahaan Korindo dan sekarang kembali mendapat bantuan dari Medco yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di daerah ini.

Sementara itu Direktur Utama Medco Papua Group, Budi Basuki menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang ikut menyukseskan Nusa Buku ini hingga program tersebut sampai di Merauke. “Terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung program ini terutama kepada para donator yang telah menyumbang buku. Semoga Nusa Buku ini dapat terus berlanjut dan memberi manfaat luas bagi gerakan literasi di Indonesia,”ujar Budi.