Pasific Pos.com
Papua Selatan

Unmus Fokus Realisasikan Sejumlah Program Kerja

MERAUKE,ARAFURA,-Rektor Unmus, Dr.Philipus Betaubun, ST, MT mengemukakan bahwa pada tahun 2018 ini Unmus telah melaksanakan beberapa program kerja dengan mengerahkan semua unit kerja, fakultas, lembaga, unit pelaksana dan biro yang akan menjadi tolak ukur pencapaian eksistensi kelembagaan saat ini dan indikator keberhasilan untuk terus maju dan berkarya sesuai dengan visi misi yang diemban. Adapun sejumlah program kegiatan yang telah dilakukan tahun ini antara lain peresmian sarana peribadatan bagi Civitas Akademika Unmus dan sekarang yang tengah berjalan adalah pembangunan wisma atlet untuk persiapan PON 2020 mendatang.

Oleh sebab itu sSelaku Rektor ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan jajaran serta Pemerintah Pusat yang telah membangun wisma atlet di Unmus dan diharapkan saat wisma selesai dibangun tahun ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat maupun Unmus. Program kegiatan berikut adalah akreditasi 25 program studi dan akreditasi institusi perguruan tinggi dengan predikat B yang diupayakan dapat meningkat menjadi A. Ada pula pendirian LSP yang merupakan hasil kerja sama Unmus dengan BNSP dimana telah dijadwalkan untuk penyerahan secara resmi pada Agustus 2018 nanti dipusatkan di Kampus Unmus. “Saat ini Unmus telah memiliki 46 asesor yang dibina langsung oleh tim BNSP dan telah memenuhi syarat lulus uji kompetensi. Ini adalah target kerja dari kita semua dan terhitung mulai September mendatang Unmus sudah layak melaksanakan ujian sertifikasi profesi,”terangnya di hadapan wisudawan/i angkatan VIII gelombang 2 program S1 tahun akademik 2017/2018 di Gedung PKM, Senin (2/7).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017 tentang percepatan pembangunan khususnya di Provinsi Papua dan Papua Barat maka Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan akan menyelenggarakan KKN dengan mengusung tema “Mengentaskan masyarakat buta aksara” yang akan melibatkan tiga PTN besar di Papua dan Papua Barat yaitu Uncen, Universitas Negeri Papua dan Unmus sendiri. KKN akan dilaksanakan di Kabupaten Boven Digoel sebagai bukti kemitraan Unmus dalam upaya mengentaskan buta aksara di wilayah selatan Papua.