Pasific Pos.com
Papua Selatan

UKMI Al Kamil Unmus Gelar Pelatihan Menulis Opini

Para peserta pelatihan berfoto bersama (foto”ist)

MERAUKE,ARAFURA,- UKMI Al Kamil Unmus, Minggu (22/11) menggelar pelatihan menulis opini dengan mengangkat tema *”Mengembangkan Potensi Menulis Mahasiswa yang Sesuai dengan Kaidah kepenulisan dan Terpublikasikan dengan Baik”. Sedangkan yang menjadi slogan dalam kegiatan ini yaitu “Dengan membaca kamu mengenal dunia, dengan menulis kamu dikenal dunia”. Kegiatan berlangsung di SMP IT Ibnu Sina Merauke dan melibatkan peserta para mahasiswa muslim dan alumni Unmus. Novia Natasya Wardani selaku Kepala Divisi Pers dan Penerbitan UKMI Al-Kamil Unmus kepada ARAFURA News mengemukakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan oleh Divisi Pers dan Penerbitan UKMI AL-Kamil Unmus

Pihaknya mengundang pemateri dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, yaitu Arinda Nurul Widyaningrum yang merupakan mahasiswi jurusan Pendidikan.Bahasa Inggris dan juga pegiat literasi Forum Lingkar Pena. “Alasan kami mengadakan kegiatan tersebut karena sebagai seorang muslim, dakwah merupakan hal yang wajib bagi kita. Dakwah sendiri tidak hanya dilakukan melalui lisan namun dapat disalurkan juga melalui tulisan,”jelasnya. Melihat rendahnya minat membaca dan menulis mahasiswa saat ini, maka pihaknya berinisiatif mengadakan kegiatan pelatihan menulis untuk menumbuhkan dan membangkitkan kesadaran mahasiswa yang juga merupakan agentofchange akan pentingnya berliterasi.

Salah satunya dengan menulis opini mereka namun opini yang ditulis, bukan hanya sekedar opini biasa tanpa makna yang terkandung dan referensi yang jelas, melainkan opini yang menarik dan mampu mempengaruhi pembaca. Ia mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini maka dapat meningkatkan wawasan pengetahuan tentang menulis opini yang baik dan benar, mengembangkan minat dan bakat peserta dalam bidang penulisan serta memotivasi peserta, khususnya mahasiswa untuk mempelajari penulisan opini secara utuh dan menyeluruh yang nantinya karya-karya tulis tersebut dapat dipublish di Web Al kamil. Selama kegiatan peserta mendapat materi tentang cara menulis opini , pelatihan menulis serta presentasi dan penilaian opini peserta oleh pemateri.

Artikel Terkait

Dosen Unmus Lakukan Desiminasi Produk Teknologi Alat Pengering Padi

Arafura News

HMJ Fisika Unmus Berbagi Kasih Dan Keceriaan Natal

Arafura News

Kunjungi Unmus, Rektor Unimal Jajaki Pertukaran Mahasiswa

Arafura News

Program Lanjutan Kegiatan PHP2D HMJ Pendidikan Matematika

Arafura News

Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi

Arafura News

Dosen Unmus Lakukan Pengabdian, ‘Pembuatan Pempek Gastor Di Kampung Sumber Mulya Distrik Kurik’

Arafura News

Dosen Unmus Beri Pelatihan Google Classroom Dan Quizizz

Arafura News

Pengembangan Desa Mitra Di Kampung Wasur

Arafura News

Tim Dosen Unmus Hibahkan Alat Peraga Fisika Karya Mahasiswa

Arafura News