Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ujian Praktek Seni Budaya, Siswa Tampilkan Berbagai Keahlian

MERAUKE,ARAFURA,-Siswa siswi kelas XII SMK Santo Antonius Merauke, Selasa (6/3) lalu mengikuti ujian praktek seni budaya yang berlangsung di halaman sekolah. Untuk ujian praktek kali ini diikuti para siswa dari lima jurusan yakni teknik instalasi pemanfaatan tenaga listrik, teknik gambar bangunan, teknik sepeda motor, teknik komputer dan jaringan serta teknik kendaraan ringan. Pelaksanaan ujian tersebut dibuka secara resmi oleh Hoppy Istiawan selaku kepala sekolah yang sangat mengharapkan agar para siswa dapat mengikuti ujian dengan baik dan mampu memperoleh hasil yang memuaskan.

“Tentunya kalian sudah mulai melaksanakan USBN khususnya untuk seni budaya di mana untuk USBN ini adalah yang pertama kalinya bagi kalian melaksanakan ujian praktek. Memang semua sesuai dengan Jukdis yang ada dimana siswa diwajibkan mengikuti ujian praktek,”ujarnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para guru seni budaya yang selama ini telah mendampingi siswa dan mengharapkan pelaksanaan ujian kali ini betul-betul maksimal sesuai harapan sekolah.

Ia menegaskan bahwa sebagai siswa SMK tentunya siswa diharapkan berkompetensi dan untuk di SMK Santo Antonius sendiri para siswa sudah dibekali tidak hanya di tingkat kejuruan saja namun juga di bidang yang lain. Dengan begitu siswa diharapkan berkompeten di bidang-bidang lainnya. Dalam seni budaya siswa akan memiliki nilai tambah, baik untuk penguasaan seni vocal maupun seni tari. Demikian pula di bidang olahraga yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Ketika siswa benar-benar berkompetensi dan kompeten di bidang-bidang yang lain maka ada nilai plus yang bisa diperoleh siswa saat lulus sekolah nanti. Apa yang diperoleh tentunya tidak akan sia-sia untuk masa depan siswa. Oleh sebab itu ia meminta para siswa agar terus berkarya demi masa depan yang lebih baik. Sementara itu Henny Merawati, ST selaku koordinator ujian praktek seni budaya dan kewirausahaan kepada ARAFURA News mengemukakan bahwa pada ujian kali ini para siswa menampilkan beberapa keahlian secara langsung seperti seni tari, seni suara, puisi, drama dan stand up comedy.

Khusus untuk drama, para siswa menampilkan cerita asal mula pohon sagu. Diakui penampilan mereka di depan para guru dan para siswa lainnya ini memang baru pertama kalinya dilaksanakan dengan konsep yang berbeda. Sebelumnya, sudah dilaksanakan ujian praktek kewirausahaan dimana para siswa membuat aneka produk kreatif dari ban bekas, membuat hiasan kepala dari limbah dan produk kreatif kreasi las berupa tempat pot bunga.