Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Ujian Disertasi soal Sistem Noken, Soponyono Raih Gelar Doktor

Jayapura – Sekretaris Umum Perbakin Papua Soponyono meraih gelar doktor dalam ilmu social bidang kajian administrasi public dari Universitas Cenderawasih Jayapura.

Mantan Kepala Balatkes Provinsi Papua itu peroleh gelar doktor usai memaparkan disertasinya berjudul “Model Demokrasi Berbasis Kearifan Lokal: Studi Kasus Implementasi Sistem Noken Dalam Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Jayawijaya”. Sopoyono menyandang gelar doktor Dengan Predikat Kumlaut perolehan Nilai 3,88

Sidang terbuka doktor yang berlangsung di Hotel Horison Kotaraja, jalan raya abepura Kota Jayapura, Selasa (2/11/2021, dipimpin oleh Prof.Dr.Akbar Silo,MS, bertindak sebagai Promotor, Prof. Dr. Yohanis Rante,SE.M.Si.,Ko-Promotor, Dr. Untung Muhdiarta, M.Si. dan Dr. Basir Rohrohmana, SH., M.Hum.

Sedangkan Tim Penguji yang terdiri dari penguji internal dan eksternal yang terdiri dari : Dr. Yosephina Ohoiwutun, M.Si. Dr.Renilda J Torobi,S.Sos, Dr. Muhammad Musaad, M.Si., Dr. Vince Tebay, S.Sos., M.Si, Dr.Bertus Tambiab,MA, Muhammad Sabri,M.Si dan Dr.Basir Rohrohmana,SH.M.Hum, selaku penguji eksternal

Usai mengikuti sidang Terbuka Dr. Sopoyono mengatakan bahwa dirinya tertarik menulis dan Membuat kajian Ilmiah terkait sistem Noken dalam Pemilihan Kepala daerah di Papua karena Permasalahan ini banyak dibicarakan orang tetapi belum ada yang membuat suatu kajian Ilmia melalui tulisan untuk menjadi Referensi bagi seluruh lapisan masyarakat di Papua,”ungkap Sopoyono.

Oleh karena itu, dalam kajiannya direkomendasikan bagi stakeholder perlu penyusunan regulasi alternative yang mendukung dari tingkat daerah, sebagaimana diamanatkan dalam UU Otsus yang sangat mungkin juga dibuat regulasi yang memperkuat pelaksanaan baik dari segi mekanisme pelaksanaan maupun pendukung penyediaan anggaran, mengingat medan wilayah pegunungan tengah di Papua sangat sulit ditempuh, sehingga dengan demikian pelaksanaan pemilukada dengan menggunakan Sistem Noken di Kabupaten Jayawijaya dalam berjalan dengan optimal.

“Dalam penyelenggaraan pemilukada dengan system noken di masa yang akan datang, sangat perlu mempertimbangkan beberapa aspek, terutama sosialisasi petunjuk atau pedoman pilkada secara teknis di tiap TPS, agar proses pilkada dengan system noken ini berjalan sesuai dengan atuaran yang berlaku,”jelasnya.

Sementara itu Direktur Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Sosial Universitas Cenderawasih Prof.Dr.Yohanis Rante sangat memberikan Apresiasi kepada Sopoyono dimana merupakan Mahasiswa tercepat dalam Program Doktor yang menyelesaikan Disertasinya dalam waktu 3 tahun dengan memperoleh IPK 3,88 Predikat Kumlaut.

Artikel Terkait

Pamerkan Budaya dari Lima Wilayah Adat Melalui Stand UPTD Noken Papua

Jems

PON Papua, Noken, dan Rajutan Cinta Untuk Anak Yatim

Bams

Yuk, Intip Keseruan Pelatihan Pembuatan Noken Rajut

Arafura News

Mgr.Petrus: Pilkada Untuk Cari Pemimpin, Jangan Sebabkan Perpecahan

Arafura News

Pilkada Papua, Demokrat Akhirnya Buka Pendaftaran

Bams

Jelang Pilkada, Tingkatkan Kemampuan Fisik Lewat Long March

Arafura News

Tahapan Tertunda, Bupati Waropen Temui Bawaslu dan KPU

Afrans

Theresia: Jalankan Tugas Sesuai Aturan

Arafura News

Resmi Dilantik, Anggota PPD Diminta Jaga Integritas

Arafura News