Pasific Pos.com
Papua Barat

Truk Pengangkut Galian C Tanpa Pengaman Semakin Banyak

Manokwari, TP – Truk pengangkutan galian C berupa tanah timbunan tanpa pengaman belakangan ini semakin banyak melintas di tengah kota Manokwari.

Menyikapi hal itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manokwari, Albert Simatupang mengatakan, pihaknya sudah pernah memberikan instruksi bupati kepada semua supir truk pengangkut galian C agar memasang pengaman berupa terpal.

“Itu sudah disampaikan lewat instruksi bupati tahun 2017, dimana semuanya yang mengangkut galian C atau sirtu harus ditutup dengan terpal, agar pasirnya tidak terbang,” kata Simatupang kepada wartawan di Jl. Esau Sesa, Kamis (7/6).

Simatupang melihat, kondisi jalan kota Manokwari semakin jorok, karena banyaknya tanah yang jatuh dijalan, karena tidak adanya pengaman yang dipasang supir truk.

“Dampak dari instruksi bupati sudah sebagian besar yang gunakan pengaman, teapi masih juga ada yang belum pasang. Untuk yang belum pakai terpal, kita akan sosialisasi lagi, turun ke lapangan, menasehati mereka. Mungkin penindakan, izin meraka kita cabut,” terang Simatupang.

Simatupang mengimbau, agar supir truk mengenakan terpal saat mengangkut galian C, demi keamanan berlalu lintas. [SDR]