Pasific Pos.com
Olahraga

Trio Brasil Latih Persipura

Jayapura,- Tiga pelatih asal Brasil ditunjuk melatih klub “Mutiara Hitam” julukan Persipura Jayapura di sisa musim kompetisi Liga I Indonesia 2018. Trio pelatih asal negeri samba ini akan menggantikan peran Peter Butler yang dipecat per tanggal 21 Juni 2018 lalu.

Dua pelatih Brasil Osvaldo Lessa dan Lydio sebenarnya bukan muka baru bagi Persipura, keduanya beberapa musim lalu merupakan pelatih kepala dan pelatih fisik di Perspura.

Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, Persipura akan ditangani oleh tiga pelatih asal Brasil. Khusus untuk Osvaldo Lessa dan Lydio bukan orang baru lagi untuk Persipura.

Menurut Tomi Mano, Osvaldo Lessa diposisikan menjadi asisten pelatih bersama dengan Tony Ho. Sementara Lydio menjadi pelatih fisik.

Ia mengaku, pelatih kepala juga berasal dari Brasil dan pernah melatih di Indonesia. Hanya saja dia belum bisa bergabung dengan tim Persipura karena masih mengurus surat-surat keimigrasiannnya.

“kalau surat-surat imigrasi sudah selesai, dia segera bergabung dengan tim di Jayapura,” kata Tomi Mano yang masih merahasiakan nama pelatih kepala Boaz dkk itu.

Dikatakan, pilihan Persipura jatuh ke trio pelatih asal Brasil ini, karena mereka sudah mengetahui karakter permainan anak-anak Papua dan sudah bisa berbahasa Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan kepada pemain untuk dapat mengikuti semua program latihan pelatih dan fokus untuk dua pertandingan kedepan, yakni melawan Persikimo Yahukimo di piala Indonesia (selasa, 3 Juli) dan lanjutan liga I melawan Bhayangkara FC (Sabtu, 7 Juli 2018).

Selain itu, kata Tomi Mano, dalam minggu ini dua pemain asal Korea Selatan dan Australia juga akan tiba di Jayapura untuk mengikuti seleksi. “keberadaan pemain Asia di Persipura untuk mengikuti seleksi, ada juga ada pemain lokal Papua yang bermain di pulau Jawa, kalau pelatih rekomendasikan, kita akan kontrak,” ujarnya.