Pasific Pos.com
Papua Tengah

TP PKK Ikut Memajukan Pembangunan di Tanah Papua

NABIRE – Dalam sambutan tertulis Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua yang dibacakan Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Papua Since Loupaty pada saat pembukaan Rapat Konsultasi (Rakon) Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se – Provinsi Papua, Senin (26/2), bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Nabire pukul 16.00 WIT mengatakan, PKK sebagai organisasi mitra pemerintah, dimana PKK telah diberikan kepercayaan untuk turut menangani program-program yang bersentuhan dengan masyarakat level bawah melalui program Gerbang Emas Hasrat Papua (Gemas Papua).

Kata dirinya, Tim Penggerak PKK bukan lagi dilihat sebelah mata oleh Pemerintah Provinsi Papua, tetapi sudah dilihat sebagai ujung tombak pembangunan masyarakat mulai dari Kampung sampai ke kabupaten-kabupaten.

Rakon TP PKK se- Provinsi Papua yang dilaksanakan di Kabupaten Nabire mulai tanggal 26 – 28 Februari 2018 yang diikuti oleh 28 TP PKK se- Papua dari kabupaten/kota bertujuan untuk secara bersama-sama TP PKK kabupaten/kota dan provinsi Papua dapat menilai hasil-hasil kerja yang dilakukan oleh TP PKK.

“Pada hari ini kita akan menilai apa saja yang sudah kita buat, teori sudah dilakukan, sekarang praktek apa yang sudah kita lakukan harus kita kaji bersama-sama untuk melihat program apa lagi yang harus kita buat untuk menjawab pembangunan di Tanah Papua, pembangunan di tanah Papua tentu berakar dari bawah atau Bootom Up,”ujarnya.

Menurutnya, program dasa wisma yang sudah dilakukan oleh TP PKK perlu dirumuskan bersama untuk menyumbangkan pemikiran kepada pemerintah apa saja yang bisa dibuat untuk mensejahterkan masyarakat Papua.

“Kami (TP PKK) beranggapan bahwa, di desa-desa, disitulah terdapat mayoritas orang Papua asli, sehingga desa atau kampung dibangun, maka orang Papua asli dapat diberdayakan. Oleh karena itu kami berharap kepada pemerintah daerah kabupaten/kota untuk mendukung penuh TP PKK hingga ke tingkat kampung,” pungkasnya.(cad)