Pasific Pos.com
Papua Selatan

Toleransi ‘Tumbuhkan’ Semangat Kebangsaan

MERAUKE,ARAFURA,- Dalam rangka menyebarluaskan semangat kebangsaan dan nilai kebangsaan yang kadang terlupakan, Fraksi Nasdem MPR RI menggelar kegiatan seminar nasional makna damai NKRI melalui toleransi, kesejahteraan dan keadilan.

Ketua Fraksi Nasdem MPR RI , Prof. Baktiar Aly, MA mengatakan seminar nasional bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa Indonesia merupakan bhineka tunggal ika yang mempunyai beragam agama, suku bangsa, etnis sehingga tak mudah bercerai berai oleh orang lain dengan isu propaganda maupun fitnah.

“Kita ingin menumbuhkan kesadaran bahwa di semua lapisan masyarakat memiliki semangat gotong royong, saling tolong menolong,” jelasnya di Swiss-bel Hotel, Sabtu (14/7).

Toleransi dan saling tolong menolong harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebaliknya dalam dunia berpolitik tidak melakukan negatif camping. Jadi, harus bersaing secara sehat dan tidak boleh bermusuhan. Diharapkan kepada media untuk memberikan pencarahan kepada elite politik agar tidak menjadi subjek untuk menyesatkan masyarakat. Ini merupakan suatu fungsi control sosial media yang tak hanya memberitakan, memberikan edukasi, hiburan tetapi juga melakukan kontrol sosial melalui pengawasan.

Lebih lanjut dikatakan, masih banyak ditemukan beragam persoalan yang ada di Papua. Karena itu, Nasdem terus membangun kebersamaan karena semua persoalan harus dihadapi secara bersama. Ditambahkan, Nasdem sebagai gerakan restorasi akan menjaga nilai-nilai yang sudah ada. Nilai yang kurang diperbaiki dan siap melakukan terobosan baru untuk kesejateraan bersama.
“Yang terjadi di masyarakat adalah nilai lama yang sudah baik tinggalkan, nilai baru tidak ditemukan. Jadi seperti kehilangan pegangan,” pungkasnya.