Pasific Pos.com
Papua Selatan

TNI dan Polri Siap Amankan Pilkada

MERAUKE,ARAFURA,- Jajaran TNI dan Polri di Kabupaten Merauke siap mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tahun 2018. Terkait hal itu, Senin (19/2) digelar rapat koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Data Mapolres Merauke. Rapat dipimpin Kapolres AKBP Bahara Marpaung SH dan dihadiri Kasdim 1707/Merauke, Mayor Arm Boby.

Kapolres mengatakan tahapan-tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur sudah berjalan, dan diharapkan semua tahapan bisa berjalan dengan aman, damai dan demokratis. Suksesnya pelaksanaan Pilkada tidak terlepas dari peran penyelenggara, pihak keamanan, para calon, tim sukses, stake holder terkait dan juga masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Masing-masing simpatisan dan pendukung harus betul-betul mendeklarasikan siap menang dan siap kalah khususnya kepada pasangan calon. Tim sukses diminta untuk tidak saling menjatuhkan, untuk melaksanakan Pilkada yang aman, damai dan demokratis,”ungkap Kapolres.

Selain itu, kata Kapolres, sesuai perintah pimpinan personil TNI dan Polri harus netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Kemudian, media massa juga diminta untuk menyajikan berita yang menyejukan. Sedangkan untuk kekuatan personil, Polres Merauke mengerahkan dua per tiga kekuatan yang ada serta melibatkan kekuatan atau meminta perbantuan dari TNI sebanyak 100 personil dan dari Brimob 100 personil.

“Kami juga melibatkan Linmas, kurang lebih 900 orang Linmas. Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada di Merauke ini bisa berjalan sebagaimana harapan dari masyarakat, berjalan dengan aman, lancar dan demokratis serta bermartabat,”tukas Kapolres.

Kapolres menambahkan, setelah rapat koordinasi akan dilaksanakan apel gabungan TNI/Polri, serta akan dilakukan juga simulasi bagaimana pengamanan di lapangan termasuk di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Laporan intelejen di Merauke situasi kondisi Kamtibmas sangat kondusif,”ujar Kapolres.