Pasific Pos.com
Papua Barat

TNI-AD Musnahkan Pabrik Pembuatan Millo din Kabupaten Sorong

Manokwari, TP – Sejumlah tempat produksi minuman lokal (millo) jenis sopi di Hutan Makotyamsah dan Kampung Jeplio, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, digerebek anggota TNI-AD yang bertugas di Kodim 1704 Sorong dan Koramil 1704-03/Salawati, Rabu (4/7).

Kapendam XVIII/Kasuari, Letkol Inf. Andi Gus Wulandari mengungkapkan, dalam aksi penggerebekan yang dipimpin langsung Danramil 1704-03/Salawati, Lettu Inf. Deni P. Manuhutu, anggota berhasil menemukan ratusan liter millo jenis sopi siap edar, dan bahan baku pembuatan millo yang ditampung dalam drum-drum besi.

“Jadi, pada saat penggerebekan anggota langsung melakukan pemusnahan barang bukti berupa sopi dan air enau yang digunakan sebagai bahan pembuatan sopi,” jelas Kapendam berdasarkan laporan yang diterima dari Kodim 1704 Sorong, kepada para wartawan di Makodam XVIII/Kasuari, Kamis (5/7).

Bahkan, lanjut dia, di tempat kejadian perkara (TKP) anggota juga melakukan pembakaran terhadap sejumlah barang bukti yang digunakan untuk proses pembuatan sopi.

Antara lain, 3 tenda terpal, 2 drum besi yang digunakan sebagai alat masak, 4 batang bamboo sebagai alat penyulingan, 400 liter air enau sebagai bahan baku pembuatan sopi, 2 drum plastic, 100 liter sopi siap diedarkan, dan 4 jerigen plastic berukuran 25 liter.

Menurutnya, hasil yang dicapai tentu merupakan hasil kerjasama yang baik dengan masyarakat sekitar yang mahu terbuka dan memberikan informasi kepada pihaknya tentang adanya pabrik pembuatan millo jenis sopi.

Dirinya menegaskan, kegiatan serupa kedepannya akan semakin gencar dilakukan dengan tujuan untuk memerangi peredaran millo di Provinsi Papua Barat.

“bukan itu saja, kami juga akan terus bersinergi untuk memerangi peredaran obat-obat terlarang seperti ganja, narkoba dan lain-lain, serta memerangi peredaran senjata api,” tandas Kapendam. [BOM]