Pasific Pos.com
Papua Selatan

Titik Gangguan Bertambah, Jaringan Belum Bisa Normal

MERAUKE,ARAFURA,-Asman Operasi Dan Maintenance PT.Telkom Merauke, Dionisius Samderubun menghimbau kepada seluruh pengguna jasa telekomunikasi di Kabupaten Merauke agar dapat bersabar hingga tahap perbaikan selesai dan jaringan kembali normal seperti semula. Dukungan dan doa dari seluruh pengguna jasa sangat penting agar segala upaya yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kondisi yang ada sekarang memang tidak bisa diprediksi sebab pada awal pengukuran diketahui hanya ada satu titik yang mengalami gangguan.

Namun semua berubah pasca gempa beberapa waktu lalu di mana titik gangguan bertambah lebih banyak. Jadi sekarang terdapat beberapa titik gangguan dan kondisi ini tentu saja di luar planning pihaknya. “Untuk itu kami dari jajaran PT.Telkom Merauke mohon doa dari masyarakat agar perbaikan yang tengah dilakukan dapat berjalan dengan lancar karena pekerjaan kali ini memang lumayan berat, tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Untuk itu berilah kepercayaan dan dukungan sepenuhnya agar perbaikan secara teknik bisa maksimal,”ujar Dionisius saat ditemui ARAFURA News di ruang kerjanya, Jumat (2/3) lalu.

Ia mengungkapkan bahwa untuk kapal khusus sambung kabel laut, Telkom sudah memilikinya dan masyarakat dapat langsung melihatnya di Pantai Lampu Satu. Saat ditanyakan tentang kepastian waktu jaringan bisa kembali normal, pihaknya belum dapat menjanjikan mengingat bertambahnya beberapa titik yang bermasalah. Ia juga menegaskan bahwa di Merauke sudah menggunakan satelit sehingga jaringan yang ada tidak akan hilang secara total.

Jika kabel laut kembali normal hanya dibutuhkan waktu untuk mengalihkan dari satelit ke kabel laut namun proses pemindahannyapun tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu Telkom juga menyediakan fasiltitas wifi corner untuk membantu masyarakat menggunakan internet meskipun diakui tidak selancar di saat jaringan masih normal. Namun setidaknya masyarakat masih bisa menggunakan fasilitas ini sebagai alternatif sementara